AHM Bakal Hadirkan Honda PCX Electric Generasi Terbaru Di Indonesia

AHM Bakal Hadirkan Honda PCX Electric Generasi Terbaru Di Indonesia
AHM Bakal Hadirkan Honda PCX Electric Generasi Terbaru Di Indonesia

PT Astra Honda Motor (AHM) tengah mempersiapkan Honda PCX Electric versi terbaru untuk pasar Indonesia. Kapan akan diluncurkan?

Honda PCX Electric bukan nama yang asing bagi sebagian pecinta roda dua di Tanah Air. Model tersebut sebenarnya sudah diluncurkan pada Januari 2019. Namun, hingga kini pemasarannya hanya sebatas untuk konsumen B2B (Business to Business) atau fleet.

Belum diketahui pasti kapan AHM akan melepas PCX Electric untuk konsumen individu atau perorangan.

Sejak diluncurkan sampai jelang tutup 2022, tampilan motor listrik berbadan bongsor itu belum pernah mengalami penyegaran. Tetapi, AHM sudah memberikan sinyal bakal mendatangkan versi terbarunya.

“Saat ini (PCX Electric) kami masih disewakan, tapi kayanya kami akan masuk ke generasi yang lebih baru dari itu,” tutur Executive Vice President Director AHM Johannes Loman belum lama ini di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, Jakarta.

READ  Mengintip Seberapa Laku Mobil Murah Suzuki S-Presso di Indonesia

Lantas apakah Honda PCX Electric generasi terbaru merupakan satu dari tujuh kendaraan listrik yang akan diluncurkan AHM? Loman enggan mengungkapkannya lebih jauh.

“Nanti ada waktunya deh kami sampaikan,” ujarnya singkat.

Ditanya hal serupa, Marketing Director AHM, Thomas Wijaya juga menolak untuk membeberkannya. Dirinya hanya mengatakan bahwa saat ini pabrikan tengah fokus untuk meluncurkan dua motor listrik mulai tahun depan.

Sayangnya tidak disebutkan secara rinci nama dari dua model tersebut.

“Belum tentu (PCX Electric) kami masih pelajari. Tapi yang pasti dua itu (motor listrik Honda) kami akan keluarkan. Kami akan lihat pengembangan selanjutnya,” terang Thomas sambil menunjukkan gambar siluet calon motor listrik Honda yang akan diluncurkan 2023.

READ  Hyundai Resmikan Dua Dealer Baru di Maluku dan Jawa Barat

Thomas juga tidak menampik bila sampai saat ini PCX Electric masih disewakan dan beberapa perusahaan masih menggunakannya.

Spesifikasi Honda PCX Electric

PCX Electric menyuguhkan desain yang modern dan elegan, lalu dipadu dengan nuansa canggih serta mewah lewat penggunaan LED pada semua lampu. Sebagai pemanis disematkan aksen biru di beberapa bagian yang akan terlihat saat lampu dimatikan.

Terdapat hugger belakang yang terpasang di belakang power unit untuk menambah kesan canggih dan sekaligus unik.

Panel instrumen motor ini menampilkan informasi sistem EV. Indikatornya meliputi speedometer, jam, kapasitas baterai yang tersisa, dan status pengisian daya.

READ  Cara Memanaskan Mobil Matik, Tuas Transmisi di N atau P?

Selain itu, PCX Electric juga sudah dibekali Honda Smart Key, dan Anti-lock Braking System (ABS) sebagai bagian dari fitur utamanya.

Bicara soal jantung pacu, skuter matik (skutik) nol emisi ini menggendong dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V yang menjadi sumber energi utama bagi dinamo motor listriknya. Adapun tenaga maksimal yang dikeluarkan dari dinamo sebesar 4,2 kW atau 5,63 hp dengan torsi 18 Nm.