Beberapa Ramuan Ini Bisa Redakan Batuk Pilek

Beberapa Ramuan Ini Bisa Redakan Batuk Pilek
Beberapa Ramuan Ini Bisa Redakan Batuk Pilek

Batuk dan flu menjadi salah satu penyakit yang mudah menyerang anak, terutama saat sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

Saat mengalami batuk pilek, orang tua biasanya memberikan si kecil sirup parasetamol yang bisa dibeli bebas di apotek. Namun, saat ini ada larangan mengonsumsi obat jenis sirup dan cair karena diduga memicu gagal ginjal di anak.

Meski demikian, orang tua tak perlu khawatir. Sebab, ada banyak pengobatan rumahan alami yang dapat meringankan gejala flu dan juga batuk.

READ  Beberapa Cara Agar Anak Mau Nurut Sama Orang Tua

Berikut adalah ramuan alami yang bisa bantu redakan batuk pilek:

Teh jahe

Teh jahe tidak hanya nikmat rasanya, tetapi juga membantu mengobati pilek dan batuk. Teh membantu mengeringkan hidung yang berair, sehingga mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Di antara berbagai manfaat kesehatan jahe dikenal dapat meredakan flu biasa dan mempercepat proses pemulihan.

Campuran lemon, kayu manis dan madu

Obat rumahan lain yang efektif untuk pilek dan batuk adalah campuran lemon, kayu manis dan madu. Ramuan ini efektif menyembuhkan pilek dan batuk. Dalam setengah sendok madu, tambahkan beberapa tetes lemon dan sejumput kayu manis. Minum ini dua kali sehari untuk menyembuhkan pilek dan batuk.

READ  Menteri BUMN Apresiasi Laba BRI Berhasil Terbang 106,14%

Susu dan kunyit

Kunyit memiliki antioksidan kuat yang membantu dalam mengobati banyak masalah kesehatan. Kunyit yang dicampur dengan susu hangat adalah cara yang populer dan efektif untuk melawan pilek dan batuk. Minum segelas susu kunyit hangat sebelum tidur membantu pemulihan lebih cepat dari pilek dan batuk.

Madu, air jeruk nipis dan air hangat

Ini adalah minuman yang cocok untuk meningkatkan pencernaan dan sistem sirkulasi. Menambahkan madu ke air jeruk nipis adalah salah satu tips efektif dalam mengendalikan pilek dan batuk.

READ  Ferdy Sambo Sering Telepon Bharada E Usai Tembak Brigadir J: Tetap Pada Skenario!

Berkumur dengan air garam

Ini adalah terapi kuno yang efektif mengobati batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan. Berkumur dengan air garam efektif membersihkan partikel asing seperti bakteri dan virus pada saluran pernapasan sehingga dapat meringankan gejala.