Begini Cara Merawat Honda BeAT Biar Mesin Tetap Awet

Begini Cara Merawat Honda BeAT Biar Mesin Tetap Awet
Begini Cara Merawat Honda BeAT Biar Mesin Tetap Awet

Cara merawat Honda BeAT ternyata tak susah. Bahkan, untuk menjaga mesinnya tetap halus dan prima, pemiliknya tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Lalu, apa saja yang mesti diperhatikan?

Disitat detikOto dari laman resmi Astra Honda Motor atau AHM, Kamis (17/11/2022), ada banyak cara merawat Honda BeAT dengan mudah dan murah. Misalnya, dengan rutin memanaskan motor dan mengisi bahan bakar (BBM) sesuai oktan yang dianjurkan.

Nah, biar tak penasaran, berikut kami rangkum cara merawat Honda BeAT agar mesinnya tetap halus dan nyaman digunakan.

READ  Gelar Refleksi Akhir Tahun, Ini Janji-janji PAN di 2023

Cara Merawat Honda BeAT

Rutin Panaskan Motor Sebelum Dipakai

Sebelum dikendarai ke jalan raya, mesin Honda BeAT sebaiknya dipanaskan lebih dulu. Tak harus lama, cukup 5 sampai 7 menit saja. Sebab, dengan demikian, komponen mesin tak ‘kaget’ dan lebih siap digunakan.

Ketika dipanaskan, ada perubahan suhu mesin yang terjadi perlahan di kendaraan. Hal ini yang membuat performanya tetap prima dan komponen mesin menjadi lebih awet.

Servis Berkala di Bengkel Resmi

Umumnya, servis berkala Honda BeAT dilakukan bersamaan dengan pergantian oli mesin atau pelumas, yakni setelah mencapai jarak tempuh 2 ribu kilometer.

READ  Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Perkuat Imun hingga Obati Batuk

Servis berkala di bengkel resmi sangat perlu dilakukan. Sebab, selain memperbaiki kerusakan, pemilik kendaraan juga bisa memeriksa komponen lain yang berpotensi mengalami masalah.

Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Honda BeAT model terbaru punya rasio kompresi mesin 10:1, sehingga disarankan menggunakan BBM oktan 90 seperti Pertalite. Jika memakai BBM lain dengan oktan lebih rendah, maka performanya akan menurun. Sementara pemilihan oktan lebih tinggi membuat pembakarannya tak sempurna.

Maka, pilihlah BBM dengan nilai oktan yang telah direkomendasikan. Biasanya, itu tertera dengan jelas di buku manual kendaraan.

READ  Gaya Berpakaian Cewek yang Paling Disukai Cowok, Wajib Dicoba!

Periksa ECU

Motor matik injeksi seperti Honda BeAT biasanya diotaki Electronic Control Unit atau ECU. Jika ada gangguan pada ECU, maka sistem injeksi kendaraan tak akan bekerja maksimal. Akibatnya, motor bisa mogok dan sulit dinyalakan. Itulah mengapa, ECU perlu diperiksa secara rutin di bengkel resmi terdekat.

Nah, itu tadi cara merawat Honda BeAT dengan mudah dan murah. Meski sederhana, namun langkah-langkah tersebut bisa membuat performa kendaraan tetap terjaga dan mesin menjadi lebih awet.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *