Busi yang Cocok untuk Motor Harley-Davidson, Seperti Apa Bentuknya?

Busi yang Cocok untuk Motor Harley-Davidson, Seperti Apa Bentuknya?
Busi yang Cocok untuk Motor Harley-Davidson, Seperti Apa Bentuknya?

Selain motor Jepang yang melimpah dengan produksi matic, Indonesia kaya akan merek-merek lain dan dari berbagai negara seperti Italia, Jerman, India, Taiwan, China, Perancis sampai Amerika Serikat.

Salah satu motor yang terkenal dari Amerika Serikat ialah Harley-Davidson. Motor ini cukup melegenda di Indonesia dan populasinya lumayan besar yang kini distribusinya dikuasai oleh authorized main dealer Anak Elang Harley-Davidson.

Tak ubahnya motor internal combustion engine (ICE) lain, Harley-Davidson masih memakai busi sebagai komponen vital mesin. Lantas, busi seperti apa sih yang paling cocok motor ‘Paman Sam’ ini?

READ  Busi Mobil Rusak Satu, Kenapa Harus Diganti Semuanya?

Busi Iridium
Motor dengan mesin besar seperti Harley-Davidson lebih cocok menggunakan nikel maupun iridium.

Ambil satu contoh Harley-Davidson Sportster S yang mengadopsi mesin 1.252cc. Merujuk pada fitur ‘Part Finder’ dalam situs resmi ngkbusi.com milik PT NGK Busi Indonesia, dikutip Jumat (30/12/2022), Sportster S masih bisa menggunakan busi tipe nikel alloy dengan kode BPR5ES-11.

Pemakaiannya bisa untuk seri 2021 sampai dengan yang ada saat ini.

Tapi kalau ingin upgrade ke iridium, mengutip keterangan sosial media @ngkbusi (29/12/2021), pilihannya NGK Iridium IX yang tersedia untuk tipe Harley-Davidson XL883, XL883/C dan XL883R.

READ  Cek Bagian Ini Jika Pedal Rem Terasa Naik Turun Sendiri Pas Lagi Jalan

Dalam keterangan unggahan itu juga disebutkan bahwa busi khusus ini didatangkan langsung dari Jepang spesial untuk pecinta Harley-Davidson Sportster di Indonesia.