Beranda Life Style Cara Jitu Atasi Komedo Parah dan Membandel

Cara Jitu Atasi Komedo Parah dan Membandel

169
0
Cara Jitu Atasi Komedo Parah dan Membandel
Cara Jitu Atasi Komedo Parah dan Membandel

Hampir semua orang pernah mengalami masalah komedo di kulitnya, mulai dari komedo ringan hingga komedo parah. Kalau tidak diatasi dengan benar, komedo ini bisa membuat warna kulit tidak merata dan menjadi penyebab munculnya jerawat, lho.

Komedo terbentuk ketika pori-pori tersumbat karena minyak (sebum) yang diproduksi kulit menumpuk dengan sel kulit mati. Tumpukan minyak ini kemudian mengeras di permukaan kulit sehingga menghasilkan titik-titik kecil yang disebut komedo.

Ketika komedo terkena paparan udara luar, akan terjadi proses oksidasi pada sebum yang menyebabkan warna komedo menjadi hitam. Inilah yang disebut dengan blackhead.

READ  Beberapa Cara Agar Anak Mau Nurut Sama Orang Tua

Jika permukaan komedo ditutupi oleh kulit, oksidasi ini tidak terjadi sehingga yang terbentuk adalah whitehead. Komedo parah bisa terinfeksi dan meradang hingga berubah menjadi jerawat.

Apa yang Menyebabkan Komedo?
Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, antara lain karena produksi minyak yang berlebih, misalnya saat masa puber, saat menstruasi, atau pun saat mengonsumsi pil KB.

Selain itu, komedo juga bisa dipicu oleh penumpukan bakteri Propionibacterium acnes pada permukaan kulit, iritasi pada folikel rambut, dan obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid dan hormon androgen.

READ  Fungsi dan Manfaat Sunblock, Lebih dari Sekadar Melindungi Kulit

Beragam Cara Jitu Mengatasi Komedo Parah yang Perlu Anda Ketahui
Hal penting yang perlu Anda lakukan dalam mengatasi komedo adalah menahan untuk tidak memencet atau mengeluarkan komedo, karena ini justru bisa mengakibatkan isi komedo semakin terdorong ke dalam dan bakteri penyebab infeksi jadi masuk ke dalam pori-pori Anda. Memencet komedo juga meninggalkan bekas luka yang tidak enak dilihat.

Komedo parah memang bukan kondisi yang membahayakan. Namun pada sebagian orang, kondisi ini dapat sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, komedo bisa berkembang menjadi jerawat yang parah dan merusak kulit bila tidak diatasi dengan cara yang benar.