Cara Membersihkan Sendiri AC Mobil

Cara Membersihkan Sendiri AC Mobil
Cara Membersihkan Sendiri AC Mobil

Salah satu tips menjaga kebersihan kabin mobil adalah rutin membersihkan sirkulasi AC. Membersihkan AC mobil tak hanya bisa dilakukan di bengkel, namun bisa juga dilakukan sendiri di rumah untuk beberapa komponen tertentu.

Salah satu komponen AC yang bisa dibersihkan sendiri adalah filter kabin. “Bisa itu (dibersihkan sendiri), namun memang harus hati-hati dan baca buku manual terlebih dahulu,” ucap Foreman Teknisi Toyota Auto2000, Gesang Pranoto kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Senada dengan Gesang, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, juga menambahkan proses pembersihan filter kabin tidaklah membahayakan apabila proses yang dilakukan telah sesuai.

Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan, tambah Anjar, pemilik mobil harus memperhatikan terlebih dahulu kebersihan kabin dari mobil tersebut. Pastikan tidak ada sampah yang masih tersisa di dalam kabin. “Karena sisa makanan bila sudah lama juga dapat menimbulkan bau yang membuat ketidaknyamanan di kabin,” jelasnya.

READ  Suka Bepergian Bersama Bayi atau Balita? Barang-Barang ini Harus Ada di Mobil Kamu

Cara membersihkan filter kabin AC mobil
Setelah kabin mobil dipastikan dalam kondisi bersih, maka langkah selanjutnya pemilik mobil bisa langsung membuka filter kabin. Umumnya, filter kabin dari AC mobil terletak pada laci atau console box yang ada pada dashboard.

Caranya, Anda bisa mencopot terlebih dahulu laci yang menempel pada dashboard tersebut. Dalam melakukan pencopotan, lakukanlah dengan sangat hati-hati, guna menghindari adanya bagian laci yang patah.

Apabila sudah, selanjutnya akan nampak sebuah boks atau kotak berwarna hitam yang punya bentuk persegi panjang. Tekanlah salah satu sisi pada pengait dari kotak hitam itu sampai terbuka. Jika sudah terbuka, maka selanjutnya tariklah filter kabin tersebut secara perlahan. “Bila sudah kotor banget sebaiknya diganti. Tapi apabila belum kotor banget, bisa dibersihkan saja,” jelas Anjar.

READ  Toyota Camry Hybrid Mendapat Sentuhan Facelift

Dalam membersihkannya, Anda bisa memanfaatkan semprotan angin dari mesin kompresor. Setelah filter kabin sudah dipastikan dalam kondisi bersih, selanjutnya Anda bisa melakukan penyemprotan cairan pembersih AC pada lubang filter kabin yang ada di dalam mobil. Pun dengan filter kabin tersebut dan kisi-kisi AC lainnya, bisa ditambahkan dengan penyemprotan cairan pembersih tambahan. Ini berguna untuk menjaga filter kabin tetap selalu bersih dan segar.

“Bisa juga disemprot dengan anti-bacterial, bisa menggunakan molto atau kispray kalau mau mudahnya. Tapi bila memang sudah membeli cairan anti bakteri, itu lebih baik,” tutur Gesang.

READ  Hyundai Kini Pamerkan Sketsa Creta

Tak hanya bagian dalam, lubang sirkulasi udara pada bagian luar mobil, yakni air intake sebaiknya juga turut dibersihkan. Dalam membersihkannya, bisa menggunakan cairan khusus pembersih.

Setelah seluruh tahapan selesai dilaksanakan, maka terakhir pemilik mobil bisa langsung menghidupkan mesin mobil beserta AC-nya. Diamkanlah selama 5 menit, guna memastikan sirkulasi udara pada kabin mobil bekerja dengan benar. “Kemudian ubah mode sirkulasi AC biar ada penggantian udara dalam dengan udara luar,” kata Anjar.