Cara Menanam Tanaman Obat Keluarga di Rumah

Cara Menanam Tanaman Obat Keluarga di Rumah
Cara Menanam Tanaman Obat Keluarga di Rumah

Menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) – Tanaman obat keluarga (TOGA) merupakan tanaman budidaya di rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Masih banyak orang yang menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit dengan cara menanam tanaman obat keluarga ini.

Namun, lebih banyak juga orang yang menggunakan obat kimiawi untuk efek yang cepat, padahal, banyak kandungan kimia yang tidak kita ketahui di dalamnya. Kalau tanaman obat keluarga, sudah jelas semuanya natural serta dapat dikonsumsi dengan aman.

Membuat kebun kecil seperti menanam tanaman obat keluarga bukan merupakan hal yang susah untuk dilakukan.

Kamu tidak memerlukan ruang yang besar, karena mereka tidak akan tumbuh besar dan memakan banyak tempat. Kamu juga tidak membutuhkan banyak wadah, yang kamu butuhkan adalah polybag atau pot kecil.

Selain menjadi mediasi pengobatan alami, kamu juga dapat menanam tanaman obat ini sebagai penghias pekarangan rumah untuk memberikan kesan sejuk dan segar. Jadi, ingin tahu apa saja jenis serta cara menanam tanaman obat keluarga di rumah? Simak di bawah ini!

READ  Mobil Honda ZR-V Mulai Dipasarkan April 2023, Masuk Indonesia?

Manfaat Tanaman Obat, Cara Menanam Tanaman Obat, dan Cara Pengobatan Tanaman Obat

Pare

Jenis tanaman obat keluarga yang pertama ini memiliki banyak manfaat. Selain pengobatan penyakit tertentu, tanaman obat ini dapat kamu gunakan juga untuk lauk makanan sehari-hari.

Tingkat kesesuaian pada tumbuhan ini cukup tinggi sehingga mudah untuk ditanam di mana saja, termasuk di lahan belakang atau pekarangan rumah kamu. Cara menanam tanaman obat keluarga ini juga mudah, lho.

Manfaat Tanaman Obat Pare:

Selain dapat dijadikan hidangan lauk sehari-hari, pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah untuk mengobati gangguan pernapasan, mengobati diabetes, melindungi kehamilan, mengurangi sembelit, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta untuk detoksifikasi.

READ  Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan: Segar Berkhasiat

Kunyit

Tanaman obat kunyit ini bisa dibilang juga memiliki fungsi yang banyak. Selain menjadi tanaman obat, kamu dapat menggunakannya untuk dijadikan sebagai rempah bumbu dapur. Dengan rasanya yang tajam, makanan ini memiliki banyak manfaat dan khasiat. Cara menanam tanaman obat keluarga kunyit pun mudah.

Manfaat Tanaman Obat Kunyit:

Salah satu manfaat tanaman obat keluarga ini, yaitu dapat menyembuhkan penyakit sakit perut kembung untuk penderita dispepsia, atau mudahnya obat maag alami.

Jika kamu sedang mengalami sakit perut akibat menstruasi, kamu juga dapat minum obat kunyit ini karena dapat meredakan nyeri, termasuk nyeri menstruasi.

Selain itu, dengan cara menanam tanaman obat keluarga ini, manfaat tanaman obat lainnya adalah dengan mudah dapat mengobati diabetes tipe 2, tifus, disentri serta alzheimer. Untuk kecantikan, kamu dapat menghasilkan kulit yang halus dan mengurangi keputihan.

READ  Beberapa Merk Box Motor Terbaik dan Ternama Berikut!

Temulawak

Jenis tanaman obat keluarga ini sudah melegenda sebagai ramuan jamu sejak dulu. Dengan khasiatnya yang banyak serta bermanfaat, kamu dapat mengonsumsi tanaman obat ini untuk berbagai macam penyakit. Jadi, kamu tidak akan menyesal menanam tanaman obat keluarga ini.

a. Manfaat Tanaman Obat Temulawak:

Temulawak sejak dulu memiliki fungsi untuk merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Selain itu, juga dapat membantu pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh. Tidak cuma itu saja, tanaman obat ini juga bisa mengatasi dispepsia, meningkatkan nafsu makan, dan membantu pencernaan.