Beranda Otomotif Cara Merawat Kampas Kopling Motor, Salah Satunya dari Gaya Berkendara

Cara Merawat Kampas Kopling Motor, Salah Satunya dari Gaya Berkendara

108
0

Cara merawat kampas kopling sepeda motor, secara garis besar, bisa dilakukan dengan menjaga gaya berkendara serta rutin ke bengkel.

Dari sekian banyak komponen di sebuah motor, salah satu yang berperan vital adalah kampas kopling. Soalnya, menurut penelusuran dari berbagai sumber, tugasnya menyalurkan atau memutuskan tenaga mesin dari poros engkol ke transmisi.

Seandainya bermasalah, perfoma si ‘kuda besi’ bakal terganggu. Motor bisa selip ketika perpindahan gigi, mesin cepat panas, atau akselerasi mesin melemah.

Tentu saja, kampas kopling motor juga memiliki umur pakai. Banyak teknisi yang mengatakan kalau penggantiannya bisa dilakukan tiap 20-24 ribu km atau dua tahun–mana tercapai lebih dulu.

READ  Benarkah Mematikan AC di Jalan Menanjak Membuat Mobil Lebih Bertenaga?

Namun, supaya lebih aman, sebaiknya menengok panduan dari buku manual kendaraan.

Usia kampas kopling motor juga bisa lebih pendek dari seharusnya, jika pengendara atau pemilik tak mengerti cara merawatnya.

4 Cara Merawat Kampas Kopling Motor

Terdapat empat bentuk perawatan kampas kopling motor, menurut keterangan resmi dari Yamaha. Berikut pemaparannya:

Putaran Mesin Motor Terjaga, Kopling pun Awet
Gaya berkendara ternyata berpengaruh pada awet-tidaknya kampas kopling motor. Disarankan untuk menjaga putaran mesin (rpm) agar tidak terlalu tinggi, dalam kondisi stop and go.

READ  Citizen Program, Cara Citroen Gaet Konsumen

Jika tidak, gesekan pada kampas kopling bakal semakin besar.

Jangan Sering-sering Menahan Setengah Kopling Motor
Selanjutnya, tidak direkomendasikan pula untuk sering-sering menahan setengah kopling motor. Pasalnya, kebiasaan itu juga dapat memperbesar beban gesekan pada komponen terkait.

Cermat Saat Menyetel Kopling Motor
Setelan kopling motor juga menjadi salah satu kunci memaksimalkan usia pakainya. Yamaha merekomendasikan gap antara handle dan tuas tidak terlalu jauh.

Tips Lainnya Merawat Kopling Motor, Rutin Ganti Oli dan Filter
Tak lalai mengganti oli maupun filter mesin juga termasuk tips merawat kopling motor. Ini karena komponen tersebut berada di dalam mesin, sehingga oli ikut melumasinya.

READ  Pengertian Power Steering di Mobil

Oleh karena itu, kualitas oli serta filter mesin yang selalu terjaga membantu pula kinerja dari kopling motor, pun mereduksi gesekannya.