Fungsi dan Manfaat Sunblock, Lebih dari Sekadar Melindungi Kulit

Fungsi dan Manfaat Sunblock, Lebih dari Sekadar Melindungi Kulit
Fungsi dan Manfaat Sunblock, Lebih dari Sekadar Melindungi Kulit

Sunblock telah terbukti dalam melindungi kulit dari paparan sinar Matahari. Sayangnya, sebagian orang menganggap pemakaian salah satu produk kecantikan ini terasa merepotkan dan hanya diperlukan jika akan beraktivitas di luar ruangan saat cuaca terik.

Padahal, sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) mampu menembus dinding dan kaca bangunan, bahkan saat cuaca sedang mendung sekalipun! Oleh karena itu, kalian harus menggunakan tabir surya agar kulit terhindar dari terik Matahari.

Nah, untuk lebih meyakinkan kalian untuk menggunakan sunblock yuk, intip kegunaan dan manfaat dari sunblock bagi kesehatan kulit kalian!

READ  Tips Merawat Cat Mobil agar Tetap Kinclong

Fungsi / Kegunaan Sunblock

Memudarkan Bekas Jerawat

Pernahkah kalian merasa bekas jerawat kalian tak kunjung memudar? Atau malah semakin parah? Jika jawabannya iya, ada baiknya untuk menggunakan sunblock setiap hari.

Bekas jerawat atau yang dikenal hyperpigmentation pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya, namun ketika terkena paparan sinar Matahari, produksi melanin akan meningkat. Sehingga warna dari bekas jerawat akan semakin menggelap.

Dengan memakai produk sun protection, produksi melanin pun akan terhambat. Sehingga bekas jerawat akan lebih cepat memudar.

READ  Cak Thoriq Tuntaskan Pembagian BLT Dana Cukai Tembakau untuk 7.043 Keluarga di Lumajang

Bikin Awet Muda

Sinar UVA dapat menghancurkan kandungan kolagen dan elastin pada kulit, yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit yang kering dan kusam, serta munculnya garis-garis halus.

Nah, pastikan sunblock yang kalian pakai mengandung bahan-bahan seperti avobenzone, zinc oksida dan titanium dioksida agar dapat menangkal sinar UVA dengan baik.

Mencegah Kanker Kulit

Selain penuaan dini, radiasi sinar UV dapat merusak jaringan sel kulit yang akan menyebabkan kanker kulit. American Cancer Society memperkirakan ada sekitar 9.320 orang bisa meninggal akibat kanker jenis ini.

READ  Memahami Pentingnya Persiapan sebelum Mendaki Gunung

Menghindari Kulit Terbakar

Jika Sinar UVA menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit, Sinar UVB dapat menyebabkan sunburn atau kulit terbakar yang ditandai dengan rasa panas dan perih pada kulit.

Meskipun kondisi ini tidak begitu berbahaya, kulit yang terlalu sering terkena sunburn dapat memicu kanker kulit.

Meratakan Warna Kulit

Dengan pemakaian secara teratur, sunblock akan menghambat pertumbuhan melanin yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Selagi dilindungi, kulit akan meregenarasi dan memperbaiki warna kulit kembali seperti semula.