Beranda Otomotif Harga Di Bawah Rp200 Juta, Begini Spesifikasi Dan Harga Suzuki S-Presso

Harga Di Bawah Rp200 Juta, Begini Spesifikasi Dan Harga Suzuki S-Presso

131
0
Harga Di Bawah Rp200 Juta, Begini Spesifikasi Dan Harga Suzuki S-Presso
Harga Di Bawah Rp200 Juta, Begini Spesifikasi Dan Harga Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso bisa jadi pilihan alternatif bagi Carmudian yang ingin memiliki SUV dengan spesifikasi dan harga ala city car pada 2023 ini.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah resmi meluncurkan Suzuki S-Presso di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu.

Mobil tersebut memang diketahui akan diluncurkan di pameran tersebut dari teaser Suzuki yang diunggah di media sosial mereka.

Pada teaser tersebut, memperlihatkan dua siluet mobil dengan keterangan akan diluncurkan resmi pada 11 Agustus 2022 yang merupakan hari pertama GIIAS digelar.

Jika melihat gambar siluetnya secara saksama, besar kemungkinan kedua mobil tersebut adalah Suzuki Baleno Hatchback serta S-Presso.

Dengan meluncurkan dua mobil ini, diharapkan dapat mendongkrak penjualan Suzuki di Tanah Air.

Didatangkan langsung dari India, S-Presso nyatanya punya harga yang terjangkau, yakni di bawah Rp200 juta untuk semua variannya.

Adapun alasan harga Suzuki S-Presso bisa terjangkau karena spesifikasi yang dimiliki mobilnya terbilang sederhana.

S-Presso yang beredar di Indonesia nyatanya berbeda dari versi global.

Pihak Suzuki mencoba hadirkan mobil ini sesuai dengan selera konsumen Tanah Air saat ini. Perbedaannya sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak.

Terdapat beberapa aksesoris atau ornamen pada bagian eksterior S-Presso yang diberikan sentuhan khusus sebagai pembeda dengan versi global.

READ  Suzuki SX4 S-Cross Anyar Resmi Diluncurkan

Tentang Suzuki S-Presso
Suzuki S-presso sebelumnya diluncurkan terlebih dahulu di India pada September 2019 lalu. Mobil tersebut ditawarkan dengan harga sangat murah di sana.

Untuk varian terendah mobil ini, ditawarkan seharga 439 ribu Rupee atau sekitar Rp85 jutaan, sedangkan varian tertingginya 536 ribu Rupee atau Rp103 jutaan.

Pabrikan memasarkan S-Presso di India sebagai mini Sport Utility Vehicle (SUV).

Mobil tersebut dilengkapi dengan ground clearance yang cukup tinggi di kelasnya.

Berdasarkan data spesifikasi mobil ini, Suzuki S-Presso memiliki ground clearance hingga 180 mm.

Sementara itu, mobil ini mengandalkan mesin K10B sebagai sumber tenaganya dilansir dari situs Maruti Suzuki.

Sebagian orang mungkin sudah tahu bahwa mesin seri K tersebut juga menjadi sumber tenaga mobil-mobil Suzuki lainnya seperti Karimun Wagon R, Karimun Estilo, Alto, dan Celerio.

Setelah dua tahun dipasarkan di pasar otomotif India, beredar rumor bahwa S-Presso akan masuk ke Indonesia.

Rumor ini diperkuat dari adanya nama mobil tersebut di data Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor permohonan DID2021020609.

Nama ini didaftarkan Suzuki Motor Corporation sejak Maret 2021. Pada GIIAS 2022, S-Presso baru resmi meluncur.

READ  Polisi Bakal Berikan Tanda Khusus untuk STNK Kendaraan Konversi

Spesifikasi Mesin Suzuki S-Presso 2023
Soal dapur pacu, Suzuki S-Presso dibenamkan mesin berkapasitas 998 cc, 3 silinder segaris yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 65,6 hp pada putaran mesin 5.500 rpm dan torsi maksimum 89 Nm di putaran mesin 3.500 rpm.

Tersedia dua pilihan transmisi pada mobil tersebut, yaitu manual dan Auto Gear Shift (AGS).

Berdasarkan spesifikasi mesinnya ini, S-Presso digadang-gadang sebagai pengganti Karimun Wagon R yang sudah dihentikan produksinya beberapa waktu lalu.

Selain itu, S-Presso mengandalkan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang.

Tak ketinggalan, konsumsi BBM Suzuki S-Presso sendiri mengesankan. Berdasarkan klaim dari pabrikannya, konsumsi BBMnya mencapai 21 km per liter.

Mobil ini pun cocok digunakan oleh Carmudian yang membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau untuk digunakan sehari-hari.

Eksterior Suzuki S-Presso 2023

Masuk ke segmen city car, desain eksterior Suzuki S-Presso memberi kesan tangguh serta modern.

Dimensi
Suzuki S-Presso punya ukuran dimensi yang terbilang mini dengan memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520, tinggi 1.567 mm, dan jarak sumbu roda 2.380.

Berdasarkan ukuran ini, dimensi S-Presso sedikit lebih kecil dibandingkan Suzuki Ignis. Ignis punya panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.595 mm, serta jarak sumbu roda 2.435 mm.

READ  Suzuki Satria F150 Terbaru Versi Vietnam, Ada Yang Unik, Beda dari Versi Indonesia

Dimensi S-Presso sebenarnya hampir sama dengan Karimum Wagon R yang memiliki panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.670 mm, serta jarak sumbu roda 2.400 mm.

Desain Bodi
Secara keseluruhan, desain eksterior S-Presso memang terkesan tangguh, modern, serta agresif.

Ini terlihat dari bentuk bodinya yang cenderung mengotak serta adanya penggunaan bonnet dengan 4 kotak dan logo khs Suzuki di bagian depan.

S-Presso pun bisa dibawa bermanuver dengan lincah. Selain itu, posisi gril mobil tersebut mirip seperti milik Suzuki Jimny. Bumper depan dan belakangnya sendiri berukuran tebal.

Dibanderol dengan harga terjangkau, S-Presso disematkan berbagai komponen yang terkesan sederhana di mana terlihat dari tuas pembuka pintu serta lampu seinnya di atas rumah roda. Pada bagian samping mobil ini, terdapat pelek berukuran 14 inci.

Fitur Eksterior
S-Presso memiliki High Mount Stop Lamp sebagai salah satu fitur keselamatan pada mobil ini. Fitur tersebut merupakan lampu rem tambahan yang disematkan di bagian belakang.

Posisinya lebih tinggi dari lampu belakang mobil agar dapat dilihat secara jelas oleh pengemudi kendaraan lain di belakang. Dengan adanya fitur ini, bisa mencegah tabrakan dari belakang saat mengerem.