Harga Mobil Supra MK4 Bikin Geleng Kepala, Apa Keunggulannya?

Harga Mobil Supra MK4 Bikin Geleng Kepala, Apa Keunggulannya?
Harga Mobil Supra MK4 Bikin Geleng Kepala, Apa Keunggulannya?

Harga mobil Supra MK4 masih bikin geleng kepala sampai saat ini. Padahal usia mobil tersebut paling tidak sudah dua puluh tahun. Apa istimewanya dengan model tersebut?

Toyota Supra mungkin bukan nama yang asing lagi bagi para penyuka otomotif. Model ini bisa dibilang sebagai salah satu mobil legendaris dari Toyota.

Dirangkum dari situs web PT Toyota Astra Motor (TAM), Kamis (10/11/2022), generasi pertama Supra atau Supra MK1 lahir pada tahun 1978.

Populasinya bukan hanya ada di Jepang, tapi juga masuk pasar Amerika Serikat untuk menjadi pesaing pony car di negara tersebut.

Kesuksesan model ini mendorong Toyota untuk terus mengembangkannya.

READ  Buat Yang Doyan Ngebut, Simak Harga Honda Civic Type R Terkini

Hal itu ditandai dengan lahirnya Supra MK2 pada 1981, Supra MK3 pada 1986, Supra MK4 pada 1993, dan Supra MK5 pada 2014.

Harga Mobil Supra MK4

Di antara model-model yang pernah lahir, Supra MK4 memiliki sejarahnya sendiri terkhusus di dunia pop culture.

Mobil ini muncul dalam franchise Fast and Furious sebagai tunggangan sang pemeran utama Brian O’Conner yang diperankan mendiang Paul Walker.

Hal itu diduga makin melambungkan nama Supra MK4 sehingga bukan cuma dikenal para petrolhead, tapi juga khalayak lebih luas.

Pada tahun 2022 ini usia Supra MK4 paling tidak sudah dua puluh tahun karena terakhir dipasarkan pada 2002.

READ  Toyota Wish, Pilihan Mobil MPV Yang Anti Mainstream

Namun, jangan harap bisa menemukan mobil ini dijual dengan harga murah.

Situs web database mobil-mobil lawas bernama Classic.com menaksir harga mobil Supra MK4 saat ini rata-rata adalah 77.702 dolar AS atau sekitar Rp1,2 miliar.

Sebagai perbandingan, PT TAM kini memasarkan GR Supra terbaru di Indonesia dengan harga Rp2,051 miliar.

Keunggulan Spesifikasi Honda Supra MK4

Tingginya pamor Supra MK4 tentu juga berkat performanya yang mumpuni sebagai sebuah mobil sport.

Toyota merancang mobil ini dengan filosofi Less is More. Salah satu contoh penerapannya ialah upaya pemangkasan bobot dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

READ  Heru Budi Sebut Masih Membutuhkan Sosok Marullah Disampingnya

Beberapa sumber menyebutkan Supra MK4 sukses diet sampai 100 kg dibandingkan Supra MK3.

Hal tersebut dilakukan melalui penggunaan bahan aluminium dalam porsi yang cukup besar pada mobil dengan kode rangka A80 ini.

Sementara itu untuk sumber tenaganya, Toyota menyematkan mesin 3.000 cc JZ Series yang mampu menghadirkan tenaga puncak 320 hp dan torsi maksimum 427 Nm.

Mobil ini juga mendapatkan tambahan fitur modern seperti halnya kontrol traksi. Ditambah lagi desain bodi yang ciamik, Supra MK4 sukses menjadi mobil impian para penggemarnya.