Hijaukan Ibu Kota Baru, Purnawirawan TNI AD Serahkan Ratusan Ribu Bibit Tanaman

Hijaukan Ibu Kota Baru, Purnawirawan TNI AD Serahkan Ratusan Ribu Bibit Tanaman
Hijaukan Ibu Kota Baru, Purnawirawan TNI AD Serahkan Ratusan Ribu Bibit Tanaman

Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) memberikan 141.400 bibit tanaman untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Bibit tanaman diserahkan oleh Ketua PPAD Letjen TNI (Purn) Doni Monardo kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kebon Bibit Cibubur di Jalan Kalimanggis, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Doni mengatakan penyerahan bibit tanaman ini bertujuan untuk menghijaukan Ibu Kota Nusantara. Pihaknya juga menggandeng berbagai stakeholder termasuk Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Untuk kepentingan negara kita dalam rangka menghijaukan IKN dan program ini juga dibantu sejumlah kalangan termasuk TNI, termasuk masyarakat yang berdomisili di Jatikarya,” kata Doni di lokasi.

READ  Komnas HAM: 325 RIbu WNI Terancam Stateless di Malaysia

Mantan Danjen Kopassus ini mengawali kegiatan penyerahan bibit tanaman dengan memperkenakan berbagai jenis tanaman kepada Basuki. Sebagai informasi PPAD menyerahkan sebanyak 141.400 dari 65 jenis tanaman. PPAD Bahkan juga bersedia menyumbangkan sebanyak 17.000 rumput vetiver.

Sementara itu, Menteri Basuki dalam kesempatannya mengapresiasi pemberian ratusan ribu tanaman dari PPAD. Basuki menilai langkah ini merupakan kesadaran untuk menghijaukan Ibu Kota Nusantara yang baru.

“141.000 batang pohon yang terdiri dari 65 jenis pohon ini saya kira suatu sumbangan yang sangat luar biasa. Kerja sama ini tidak akan putus setelah kita dapat tanaman, tapi akan kita pasti libatkan karena nanam pohon tidak main-main, harus ada ahlinya,” tuturnya.

READ  Usai G-20, Jokowi-Iriana Bertolak ke Thailand Hadiri APEC

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan simbolis satu tanaman Endemik dari Kalimantan yaitu Tanaman Ulin. Kepala PPAD Letjen TNI (Purn) Doni Mordano dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kemudian juga menandatangani nota kerjasama.