Infografis Memburu Gembong Narkoba Internasional Fredy Pratama Bersandi Escobar

Infografis Memburu Gembong Narkoba Internasional Fredy Pratama Bersandi Escobar

Jakarta – Pablo Escobar di juluki Raja Narkoba terkaya sedunia. Semasa hidup, Pablo Escobar memimpin kartel Medellin di Kolombia yang menyuplai 80 persen kokain untuk di selundupkan ke Amerika Serikat. Nasib Escobar usai tragis. Gembong narkoba ini di tembak mati polisi Kolombia ideal ketika hari ulang tahun ke-44 pada 2 Desember 1993.

Sepak terjang Pablo Escobar ternyata menginspirasi Bareskrim Polri. Polri tengah memburu gembong narkoba Fredy Pratama, artis film pria utama sindikat narkoba kelas kakap jaringan internasional yang diduga bersembunyi dan berada di Thailand.

READ  Berharap Lulus Wawancara Kerja? Simak 4 Kiat dari Kemnaker Ini

Ya ini nama operasinya Sandi Escobar. Sandi Operasi Escobar. Bukan ia Escobar, ia (Fredy Pratama) biasa saja,” ujar Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Pol. Mukti Juharsa di Jakarta, Selasa 12 September 2023.

Berdasarkan Mukti, Fredy Pratama kongkretnya melaksanakan bisnis narkobanya semenjak 2009. Dalam kurun 2020 sampai 2023, ada 408 laporan polisi dengan 884 tersangka yang telah di cokok. Keseluruhannya memiliki keterkaitan dengan Fredy Pratama.

Tidak tanggung-tanggung. Jumlah barang bukti yang di amankan semenjak pengungkapan kasus sindikat Fredy Pratama semenjak 2020 berupa 10,2 ton sabu, 116.346 ribu pil ekstasi, 13 kendaraan, 4 bangunan, dan sejumlah uang di ratusan rekening.

READ  Terlewat Lihat Hujan Meteor Perseid Semalam? Cek Link Live Streaming Pengamatan Bintang Ini

Aset tindak pidana pencucian uang atau TPPU yang telah di sita dan akan di koordinasikan sebesar Rp 273 miliar. Jikalau di konversikan barang bukti narkoba dan aset TPPU nilainya sekitar Rp 10,5 triliun, selama 2020-2023.

Dalam kasus sindikat narkoba internasional Fredy Pratama, Bareskrim Polri menangkap 39 orang tersangka semenjak periode Mei 2023. Semenjak 2020 sampai dengan 2023 terdapat 408 laporan polisi dengan 884 tersangka.

Adapun Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada mengatakan, Fredy Pratama alias Miming masih berstatus daftar pencarian orang (DPO). Fredy Pratama malahan memiliki segudang nama samaran di perangkat komunikasinya.

READ  Temuan Kerangka Manusia Kejutkan Pekerja di Rumah 12 Tahun Kosong: Curiga dengan Kamar Terkunci

“Kini (Fredy Pratama) masih DPO ada di Thailand, merupakan atas nama Fredy Pratama alias Miming dengan nama samaran di komunikasinya, The Secret, Cassanova, Air Bag, dan Mojopahit,” Kabareskrim Polri membeberkan, Rabu 13 September 2023.