Interior Mobil yang Langganan Jadi Sarang Kuman dan Virus

Interior Mobil yang Langganan Jadi Sarang Kuman dan Virus
Interior Mobil yang Langganan Jadi Sarang Kuman dan Virus

Tak hanya bagian eksterior, pemilik mobil sudah sepatutnya menjaga kebersihkan interior supaya kondisi kabin tetap nyaman sepanjang perjalanan. Saat membersihkan bagian interior mobil, ada beberapa bagian yang wajib dibersihkan lantaran sering terkontaminasi bakteri dan virus.

Supaya pemilik mobil bisa lebih waspada dan tak abai lagi, penting nampaknya untuk mengetahui bagian pada interior mobil yang banyak terkontaminasi bakteri dan virus. Berikut bagian-bagian yang wajib dibersihkan ketika membersihkan interior mobil.

Setir mobil
Seperti dilansir kumparan yang mengutip Car Rentals, dari riset yang dilakukan dari 1.000 responden di Amerika, hanya 32 persen membersihkan bagian dalam mobil mereka sekali dalam setahun. Mirisnya, 12 persen responden, mengaku tidak pernah membersihkan bagian dalam mobil sama sekali.

READ  Tips Merawat Mobil untuk Pemula

Mengacu pada sumber yang sama, disebutkan bila bagian setir mobil ini ternyata lebih kotor empat kali lipat dari WC duduk toilet umum. Para peneliti mengukur tingkat kekotoran dengan satuan CFU atau Colony-Forming Units, atau jumlah rata-rata bakteri per centimeter kubik.

Hasil studi menyebut jumlah bakteri pada lingkar kemudi mobil mencapai 629 CFU per centimeter kubik atau lebih kotor dari ponsel (100 CFU), lebih kotor dari tombol lift (231 CFU), juga lebih kotor dari alas duduk WC umum (172 CFU).

READ  Mobil Matic Bisa Loyo Tak Kuat Nanjak Gegara Tuas Transmisinya

Cup holder
Yang tak kalah mengerikan, bagian cup holder dan sabuk keselamatan punya tingkat CFU lebih besar dari setir. Masing-masing angka mencapai 506 CFU dan 403 CFU.

Pedal mobil
Ini merupakan area yang paling banyak menampung bakteri. Area pedal mobil memiliki jumlah CFU yang bisa mencapai jutaan. Ini tidak terlepas dari imbas kotoran yang berasal dari bagian bawah sol sepatu.

Kotoran dan bakteri di dalam kabin mobil sendiri kebanyakan berasal dari sisa-sisa makanan atau minuman. Belum lagi bekas atau noda sisa makanan yang menempel pada tuas transmisi dan lingkar kemudi.

READ  Spesifikasi dan Harga Daihatsu Rocky 1.200 cc

Untuk meminimalisasi kontaminasi kuman dan bakteri dari kabin mobil, bisa sediakan hand sanitizer dan air purifier. Selain menjaga kebersihan tangan usai menggenggam komponen kemudi, interior mobil juga lebih segar.

Jangan lupa juga bersihkan interior setiap kali mencuci mobil. Bersihkan karpet dasar mobil, vacuum jok, serta tidak lupa untuk rutin bersihkan bagian setir, tuas transmisi, juga cup holder. Bila perlu, ganti filter udara kabin dengan yang baru.