Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Ketahui Sokbreker Ohlins Palsu

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Ketahui Sokbreker Ohlins Palsu
Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Ketahui Sokbreker Ohlins Palsu

Tindakan pemalsuan komponen aftermarket marak terjadi di industri otomotif. Kasus pemalsuan ini juga menimpa merek sokbreker premium buatan Swedia, Ohlins. Gimana cara mengetahui sokbreker Ohlins yang palsu agar tidak kena tipu?

Direktur PT Madani Sentra Multi Jasa, Eddy Saputra, mengatakan, sokbreker Ohlins imitasi biasanya dijual di forum-forum jual beli online, khususnya di platform facebook. Ia mewanti-wanti calon konsumen agar tidak tergiur harga murah yang ditawarkan si penjual. Sebab itu bisa menjadi jebakan.

“Sekarang itu terjadi penipuan di online facebook kebanyakan. Jadi misalnya (sokbreker Ohlins) Xmax (harga barunya) Rp 10 juta, dia jual di situ (facebook) harganya Rp 6,5 juta. Terus orang lihat iklan itu kan, dia kepincut, kok harga barunya murah, ditanya garansi juga ada. Tapi begitu beli, barangnya sampai, hilang (akun) facebook penjualnya,” ungkap Eddy kepada wartawan di Jakarta belum lama ini.

READ  Kasus Suap MA, KPK Kembali Jerat Tersangka Baru

Lanjut Eddy menambahkan, sokbreker Ohlins yang palsu bisa diketahui ciri-cirinya, meski hanya melihat gambarnya saja. Eddy mengatakan sokbreker Ohlins memiliki tanda-tanda atau ciri-ciri yang sulit dipalsukan.

“Kalau Ohlins palsu itu kelihatan dari fisiknya, dari warnanya, dari bentuknya. Terus kalau yang asli garansi itu kan ada barcode-nya dan nomor serinya. Dari gambar di iklan-iklan facebook itu bisa kelihatan, 95% bisa kelihatan (palsu atau tidaknya),” bilang Eddy.

“Selain itu Ohlins yang palsu, untuk motor bebek, untuk motor skuter, itu kepalanya sama. Kalau kita (Ohlins asli) kan kepalanya lain-lain, beda-beda. Contoh Xmax ujungnya kita bikin miring (supaya nggak mudah dipalsukan),” sambungnya lagi.

READ  Karet Pintu Mobil Rusak, Segera Ganti Supaya Tak Jadi Begini

Maka itu Eddy menyarankan kepada calon konsumen yang ingin membeli sokbreker Ohlins di forum jual beli online, agar menanyakan ketersediaan garansi kepada si penjual. Selain itu, bisa pastikan pula keaslian Ohlins itu dengan cara menghubungi langsung Ohlins Indonesia untuk mengidentifikasi nomor seri sokbreker Ohlins yang akan dibeli.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *