Jokowi Groundbreaking 10 Proyek Swasta Rp 45 Triliun di IKN, Desember-Januari Ada Lagi

Jokowi Groundbreaking 10 Proyek Swasta Rp 45 Triliun di IKN, Desember-Januari Ada Lagi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmikan dimulainya pembangunan (groundbreaking) 10 proyek swasta di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ternyata, pada Desember 2023 dan Januari 2024 mendatang tersedia ulang yang akan di mulai.

Hal ini di ungkap oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono alias Pak Bas. Dia mengatakan, cara groundbreaking kedepannya tentu akan menambah daftar nilai investasi yang masuk ke Ibu Kota Nusantara.

Pada peluang ini, Basuki menerangkan sejumlah proyek yang telah diawali pembangunannya. Baik yang di bangun oleh swasta dan pemerintah.

READ  Berita kocak yang isinya bikin geleng kepala berkali-kali

Proyek Swasta

Pada proyek swasta, tersedia lebih kurang 10 proyek yang di awali bersama nilai keseluruhan investasi meraih Rp 45 triliun. Sementara itu, pemerintah Slot777 juga mengucurkan dana lebih dari Rp 60 triliun untuk infrastruktur dasar.

“Kemarin ini untuk skup IKN saja tempo hari telah tersedia 10 swasta groundbreaking yang sebelumnya tersedia 3 bersama keseluruhan keseluruhannya yang telah terasa dipekerjakan saat ini ini lebih kurang Rp 45 triliun dsri sektor swasta,” kata dia.

“Sedangkan dari basic infrastructure yang di lakukan oleh pemerintah dari 85 paket pekerjaan bersama keseluruhan anggarannya lebih dari Rp 60 triliun. Itu hanya dari IKN Nusantara,” sambung Basuki.

READ  Sederet Kisah Hewan Kurban di Metro Jakarta: Berlarian di Ruas Jalan Tol Sampai Tercebur ke Got

Tembus Rp 45 Triliun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan keseluruhan nilai investasi yang masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia mencatat tersedia keseluruhan lebih kurang Rp 45 triliun yang akan masuk sampai Desember 2023.

Tercatat, pada 1 November 2023 ini saja, Jokowi melakukan groundbreaking 6 proyek di IKN. Di antaranya, Bandara IKN, Pakuwon Nusantara, Mayapada Hospital Nusantara, Nusantara Intercultural School, Rumah Sakit Hermina Nusantara, dan Revitalisasi SD Negeri 020.

“Ini sesungguhnya makin banyak yang berbondong-bondong, utamanya investor di dalam negeri,” ujar dia di IKN Nusantara, Rabu (1/11/2023).

READ  Potret Drone Berhasil Dapatkan Kediaman Suku-Suku Yang Isolasi Diri Di Dunia

Dia merinci, pada September 2023 tersedia pembangunan bersama nilai Rp 23 triliun. Lalu, November 2023 ini tersedia pembangunan proyek senilai Rp 12 triliun. Lalu, sampai Desember 2023 nanti totalnya jadi Rp 45 triliun.

“Yang selanjutnya kita groundbreaking senilai Rp 23 triliun, kemudian hari ini dan besok lebih kurang Rp 12 triliun, kemudian nanti Desember totalnya jadi Rp 45 triliun. Saya kira kecepatannya cepat sekali,” urai dia.