Kapasitas Produksi Pabrik Pelumas Shell Marunda Meningkat Dobel

Kapasitas Produksi Pabrik Pelumas Shell Marunda Meningkat Dobel
Kapasitas Produksi Pabrik Pelumas Shell Marunda Meningkat Dobel

Shell Indonesia (Shell) meresmikan perluasan pabrik pelumas milik mereka di Marunda, Kabupaten Bekasi. Langkah tersebut dilakukan guna memenuhi permintaan produk pelumas di pasar Indonesia yang terus meningkat.

Dengan adanya ekspansi ini, Lubricants Oil Blending Plant (LOBP) Marunda diharapkan bisa memproduksi 300 juta liter pelumas per tahun.

Sebelumnya, LOBP Marunda memiliki kapasitas produksi 136 juta liter per tahun.

Dalam sambutannya, Machteld De Haan, Shell Executive Vice President, Global Lubricants menyampaikan perluasan pabrik ini akan memperkuat rantai pasokan pihaknya.

Dengan begitu Shell berharap dapat melayani konsumen secara lebih cepat.

READ  Sebelum Mematikan Mesin Mobil, Hindari Dua Kebiasaan Ini

“Indonesia adalah pasar pertumbuhan utama bagi Shell dan investasi kami dalam perluasan pabrik LOBP di Marunda merupakan bentuk kepercayaan kami terhadap pasar Indonesia,” katanya.

Langkah Shell dalam memperluas investasi ini disambut positif oleh pemerintah Republik Indonesia.

Shell diharapkan dapat selalu menjadi mitra strategis pemerintah dalam meningkatkan kapasitas produksi industri pelumas di Tanah Air.

Demikian disampaikan Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi Saiful Bahri saat membacakan sambutan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita yang berhalangan hadir dalam acara peresmian.

Diketahui, LOBP Marunda merupakan tempat produksi produk-produk pelumas Shell, seperti Shell Helix (pelumas mesin mobil), Shell Advance (pelumas motor), Shell Rimula (pelumas mesin diesel heavy duty), Shell Spirax (pelumas transmisi), dan pelumas industri.

READ  Tergores Kawat Wiper hingga Temperatur Tinggi

Teknologi Pabrik Pelumas Shell Marunda

Pabrik baru ini dilengkapi dengan teknologi canggih, salah satunya Automatic Mobile Robot (AMR).

Teknologi ini berupa sistem robot pintar yang dapat menurunkan, menempatkan, dan menyusun produk pelumas dari mesin pengisian kemasan guna membantu proses pemuatan ke truk.

Selain itu, pabrik ini juga punya peralatan pencampuran mutakhir (cutting-edge blending equipment) dan mesin pengisian berkecepatan tinggi (high-speed filling lines).

Sementara itu, untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional, LOBP Marunda dilengkapi instalasi panel surya dan sistem penampungan air hujan (rainwater harvesting system) untuk membantu mengurangi konsumsi air.

READ  STNK Kendaraan Hasil Konversi Ke Listrik Akan Diberi Keterangan Khusus

Terkait potensi pasar, dalam keterangannya Shell menjelaskan kebutuhan pelumas terbesar di Indonesia berasal dari tiga sektor, yakni otomotif, industri, dan kelautan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan jumlah mobil baru yang terjual sepanjang 2021 mencapai 800 ribu unit.

Sedangkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan sebanyak 5 juta unit sepeda motor baru terjual pada periode yang sama.