Macam-Macam Lampu Indikator pada Dashboard Mobil dan Artinya

Macam-Macam Lampu Indikator pada Dashboard Mobil dan Artinya
Many different car dashboard lights in closeup

Setiap mobil memiliki lampu indikator yang terletak pada dashboard. Lampu ini berperan penting dalam berkendara. Fungsi utama lampu indikator adalah untuk memberi tanda adanya masalah pada mobil yang kamu kendarai.

Apabila kamu ingin mengendarai mobil, maka kamu perlu mengetahui fungsi-fungsi dari tanda lampu indikator. Jumlah lampu indikator pun cukup banyak, lampu ini akan berfungsi ketika mesin mobil dinyalakan.

Namun, jika lampu indikator mobil menyala terus menerus. Maka ada suatu permasalahan yang terjadi pada mobil. Hal tersebut harus ditangani secepat mungkin, agar Toppers dapat menyetir mobil dengan nyaman dan aman.

Oleh sebab itu sangat vital untuk mengetahui apa saja arti-arti dari indikator mobil yang nyala. Pelajari selengkapnya di bawah ini.

READ  Harga Honda CBR250RR Dipangkas Rp 5 Juta

Arti Indikator Mobil dan Gambarnya

Berikut ini beberapa gambar lampu indikator pada dashboard mobil dan artinya:

Indikator Suhu Radiator Mobil

Jika kamu melihat indikator ini menyala, berarti mesin mobil kamu mengalami overheating atau terlalu panas. Ada banyak alasan mengapa ini terjadi, tapi biasanya berkaitan dengan mesin pendingin di mobil kamu.

Ketika temperatur mesin mobil naik, kamu disarankan untuk menepi dan matikan kendaraan setidaknya 15 menit. Jangan buka kap mesin saat mesin panas, ini dapat mengakibatkan luka bakar akibat uap atau asap dari mesin mobil.

Rem Tangan Posisi Ditarik/Aktif

Selanjutnya, indikator “BRAKE” ini menandakan rem tangan atau rem parkir mobil kamu sedang aktif. Jika, indikator ini menyala terus berarti ada masalah dengan sistem pengereman mobil kamu.

READ  Manfaat Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Solusi untuk menghentikan indikator ini menyala adalah, pertama, kamu berhenti dan periksa apakah rem parkir atau tangan aktif. Coba atur dan lepas rem saat kendaraan kamu diparkir. Jika masih menyala, minta mobil kamu diderek lalu bawa ke tukang servis terdekat.

Tekanan Oil Mesin Rendah

Indikator ini menandakan adanya permasalahan pada tekanan oli mesin. Bisa jadi mobil kamu kekurangan oli atau pompa oli gagal untuk mengedarkan cairan oli dalam mesin mobil dengan benar.

Peringatan ini sangat penting untuk cepat diatasi, karena permasalahan oli dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah di mesin. Oleh karena itu, kamu perlu periksa segera level cairan oli dan lihat mesin secara cermat jika terjadi kebocoran oli.

READ  BYD Memperkenalkan Supercar Listrik 1.100 Hp

Peringatan Seat Belt Tidak Dipasang

Indikator ini menandakan bahwa kamu dan penumpang harus menggunakan seatbelt atau sabuk pengaman sebelum mobil berjalan. Biasanya, indikator ini akan menyala dibarengi dengan suara nada peringatan repetitif.

Supaya peringatan ini berhenti, kamu dan penumpang hanya perlu mengenakan sabuk pengaman. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mengenakan sabuk pengaman akan menurunkan persentase cedera kecelakaan yang serius sebanyak 50%.