Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat

Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat
Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat

“An apple a day keeps the doctor away,” merupakan istilah populer dalam bahasa Inggris yang dapat diartikan menjadi mengonsumsi 1 buah apel per hari dapat menjauhkan kita dari dokter (terhindar dari penyakit).

Perumpamaan ini muncul pada awal abad 20. Buah ini juga ternyata sudah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic tradisional di Asia Selatan sejak 1.500 tahun yang lalu.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak apel mungkin sebenarnya tidak dapat dikaitkan dengan lebih sedikit kunjungan ke dokter. Rutin mengonsumsi buah apel dapat membantu memberikan banyak manfaat. Seperti meningkatkan imunitas tubuh, hingga menurunkan risiko diabetes dan kanker.

Dengan banyaknya manfaat vitamin, serat, dan nutrisi lainnya yang terkandung didalamnya. Apel sangat baik untuk kesehatan tubuh.

READ  Fermentasi Asam Laktat, Mengenal Proses dan Makanan yang Dihasilkan

Kandungan baik dalam buah terbukti dapat menangkal berbagai macam penyakit mulai dari menjaga kesehatan jantung, melindungi tulang, hingga melawan asma. Berikut ini daftar khasiat buah apel untuk kesehatan:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apel kaya akan serat dan air yang membuat orang yang mengonsumsinya akan cepat merasakan kenyang. Selain itu, beberapa senyawa alami di dalamnya dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibandingkan mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tidak mengonsumsi produk apel sama sekali.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian pada hewan, pola makan yang mengandung serat larut membantu mengubah sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi yang dapat menunjang kekebalan tubuh.

READ  Gaya Berbusana yang Elegan dan Stylish!

Terlebih lagi, kandungan vitamin C di dalam apel dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada November 2017 di jurnal Nutrients menemukan bahwa vitamin C memainkan banyak peran dalam membantu fungsi sistem kekebalan.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Apel berukuran sedang mengandung 5 gram serat. Apel Juga mengandung pektin, serat larut yang dapat bantu mengurangi kolesterol.

Pektin mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Salah satu alasannya karena apel mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Buah ini juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan.

READ  Kembarannya Yamaha MX King 150 Nih, Yamaha Malaysia Kasih Update Buat Yamaha Y15ZR?

Analisis penelitian menemukan bahwa asupan tinggi flavonoid dikaitkan dengan berkurangnya risiko stroke menjadi 20% lebih rendah.

Flavonoid juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL buruk.

  1. Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Dalam sebuah penelitian, makan apel sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 menjadi 28% lebih rendah, dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan hanya dengan mengonsumsi beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang serupa.

Ada kemungkinan polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh yang sering kali rusak pada penderita diabetes tipe 2.