Manfaat Asam Jawa: Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

Manfaat Asam Jawa: Obati Flu hingga Sembuhkan Luka
Manfaat Asam Jawa: Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

Asam jawa atau yang biasa dikenal dengan nama tamarind ini merupakan sejenis buah yang memiliki rasa masam. Buah ini biasa digunakan sebagai campuran bumbu masakan. Selain itu, buah asam juga sering digunakan sebagai campuran pada jamu tradisional.

Asam jawa asli berasal dari Afrika, namun buah ini banyak didatangkan dari India dan dijadikan tanaman yang produktif. Tak heran jika asam jawa sering disebut sebagai kurma India, mengingat daging buahnya seperti kurma.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai salah satu rempah pada masakan, asam jawa juga dikenal memiliki segudang khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah unik satu ini mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, hingga vitamin K.

READ  Manfaat Masker Madu untuk Wajah, Lebih Sehat dan Lembap!

Selain itu, juga memiliki kalori dan mineral penting seperti kalium, fosfor, natrium, besi, dan lain-lain. Oleh sebab itulah, asam jawa dapat dijadikan sebagai antioksidan dan agen antiinflamasi.

Buah yang memiliki kombinasi rasa asam dan manis ini sering dijadikan pengobatan alternatif di berbagai daerah. Lalu, apa saja manfaat asam jawa yang bisa di dapat? Mari simak ulasan berikut ini!

Manfaat/Khasiat Asam Jawa

Asam jawa merupakan salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih lanjut, yuk kita simak daftar khasiat asam jawa berikut ini:

  1. Mengobati Flu dan Batuk
READ  Beberapa Cara Alami Mengobati Ambeien

Seperti yang kita tahu bahwa asam jawa mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Maka dari itu, asam jawa sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, seperti mengobati flu dan batuk.

Cara konsumsinya juga mudah, cukup ambil asam jawa secukupnya kemudian campurkan dengan air hangat. Kamu bisa mengonsumsinya saat sedang terserang flu atau batuk dan asam jawa bisa kamu gunakan sebagai alternatif obat alami.

  1. Mengontrol Diabetes

Pada asam jawa mengandung enzim alfa-amilase yang dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah serta dapat membantu menstabilkannya. Manfaat asam jawa ini didapatkan dari ekstrak bijinya.

  1. Kaya Akan Antioksidan
READ  Dampak Negatif Yang Akan Dialami Anak Muda Dengan Gaya Hidup Bebas

Aktioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, kandungan antioksidan juga baik untuk kesehatan kulit karena dapat melindungi dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit kamu menjadi lebih gelap dan kusam.