Manfaat Bekatul: Serealia Nusantara, Khasiat Tak Terkira

Manfaat Bekatul: Serealia Nusantara, Khasiat Tak Terkira
Manfaat Bekatul: Serealia Nusantara, Khasiat Tak Terkira

Bekatul adalah lapisan kulit bagian dalam yang membungkus butiran beras dan berbentuk serbuk halus yang diperoleh setelah padi ditumbuk, serta kulit padi dipisahkan dari bulirnya.

Penumbukan padi yang masih menyisakan bekatul sudah mulai ditinggalkan sebab telah dilakukan dengan mesin, sehingga bekatul benar-benar hilang dari beras.

Meski belum banyak banyak yang tahu, ternyata bekatul memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho!

Manfaat/Khasiat Bekatul untuk Kesehatan

Belum banyak orang tahu bahwa bekatul memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Bekatul memiliki komponen bioaktif pangan yang bermanfaat. Ini dia beberapa manfaat bekatul, di antaranya:

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan
READ  Spion Elektrik Dilipat Paksa? Ini Efek Buruk Yang Mengintai

Bekatul memiliki kandungan serat yang tinggi, di mana saat dicerna akan berubah menjadi suatu zat yang dapat membantu mengatur kesehatan pencernaan.

Mengonsumsi bekatul secara teratur berhubungan dengan mengurangi sembelit dan meredakan gejala penyakit radang usus (IBS).

Kandungan serat di dalam bekatul dapat meningkatkan aktivitas fermentasi di usus dan produksi asam butirat yang bertanggung jawab untuk meningkatkan bakteri probiotik dan membantu menghilangkan nitrogen dalam tinja.

Selain itu, adanya asam lemak rantai pendek yang terbentuk dari serat dalam bekatul juga berkaitan dengan pengurangan risiko kanker usus besar.

  1. Menjaga Fungsi Jantung
READ  Manfaat Milagros, Minuman Air Alkali yang Datangkan Kebaikan

Bekatul mengandung beta glukan, yakni serat yang dapat larut dan dikaitkan dengan penurunan kolestrol.

Berdasarkan sebuah studi bahwa mengonsumsi bekatul secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), kolesterol non-HDL, dan Apolipoprotein B-100.

Atau protein yang terlibat dalam metabolisme asam lemak lipid dan penyumbang peningkatan kadar kolesterol LDL.

Jadi, bekatul bisa menjadi salah satu makanan alternatif yang bisa dikonsumsi oleh para penderita kolesterol.

  1. Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka bahwa ternyata bekatul dapat menurunkan berat badan, lho. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu menekan rasa lapar atau merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi jumlah konsumsi kalori harian.

READ  Tips Menjaga Ban Radial Pada Kendaraan Niaga Agar Awet

Selain itu, serat juga berperan membantu mengatur kadar ghrelin. Hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang nafsu makan, meningkatkan asupan makanan, dan menyimpan lemak.

Dengan menekan hormon ini dapat mengurangi risiko makan berlebihan, sehingga mencegah kenaikan berat badan.