Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina

Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina
Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina

Jamu merupakan salah satu pengobatan tradisional di Indonesia yang sudah dilakukan sejak dulu. Salah satu jenis jamu yang sering dikonsumsi adalah jamu beras kencur.

Beras kencur cukup populer dengan memiliki rasa yang manis dan segar, serta aroma yang kuat. Jamu beras kencur dipercaya ampuh dan aman mengobati berbagai macam masalah kesehatan.

Selain itu, obat herbal tradisional ini juga umum diketahui tingkatkan nafsu makan. Bahan pelengkap seperti beras, gula merah, dan asam jawa juga menjadi perpaduan komplit untuk mendapatkan khasiatnya.

Tak hanya untuk meningkatkan nafsu makan, jamu beras kencur juga dapat meningkatkan stamina hingga kesuburan. Berikut ini adalah manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan Nafsu Makan
READ  Pilihan Scrub Bibir dari Bahan Alami dan Cara Menggunakannya

Manfaat jamu beras kencur yang banyak dikenal adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah dengan nafsu makan, utamanya pada anak-anak.

Selain itu, kandungan kencur di dalamnya berkhasiat untuk mempertebal dinding perut sehingga dapat membantu kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan pada dinding perut.

  1. Mengatasi Flu

Jamu beras kencur juga dipercaya dapat menyembuhkan flu karena adanya efek hangat dari kencur sehingga dapat menghilangkan rasa mual yang ditimbulkan akibat flu.

Tak hanya flu, jamu beras kencur juga dapat menetralkan batuk, sakit kepala dan rasa pegal. Kencur sendiri sering dijadikan bahan utama dalam obat sakit kepala traumatis bagi penderita migrain.

  1. Menyembuhkan Sariawan
READ  Beberapa Merk Box Motor Terbaik dan Ternama Berikut!

Kencur memberikan sensasi rasa hangat dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu meringankan sariawan.

Selain itu, kandungan minyak atsiri juga memberikan manfaat sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

  1. Meredakan Diare

Umumnya, diare disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pencernaan. Ada berbagai pengobatan yang bisa dilakukan mulai dari yang alami hingga secara medis.

Pengobatan diare secara alami yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi jamu beras kencur karena adanya kandungan zat-zat sitotoksik dan antibakteri pada kencur dapat membantu meredakan diare.

READ  Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri inilah yang akan membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat, serta mencegah dehidrasi akibat diare.

  1. Meningkatkan Stamina

Aktivitas yang menumpuk sering membuat tubuh terasa lelah dan pegal-pegal. Hal ini juga sering menyebabkan sering kehilangan fokus saat bekerja.

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat digunakan sebagai penambah stamina tubuh. Jamu beras kencur ini dapat membantu mengatasi rasa lelah dan lesu terutama bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas.

Kandungan nutrisi dalam kencur juga dapat membantu meningkatkan energi dan kesadaran.