Manfaat Blewah: ‘Primadona’ Ramadan yang Istimewa

Manfaat Blewah: ‘Primadona’ Ramadan yang Istimewa
Manfaat Blewah: ‘Primadona’ Ramadan yang Istimewa

Segarnya buah blewah biasanya dinikmati saat cuaca panas. Gabungan antara segarnya blewah, sirup cocopandan, dan es batu biasanya menjadi menu favorit banyak.

Meminum racikan es blewah membuat siapa pun yang meminumnya merasakan kepuasan dalam melepas dahaga. Apalagi dijadikan takjil saat berbuka puasa di bulan Ramadan.

Tidak hanya dapat memberikan kesegaran, buah blewah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, lho!

Di bulan-bulan biasa, mungkin tak banyak yang mengingatnya. Begitu memasuki bulan puasa, blewah seakan-akan jadi buah ‘primadona’ yang difavoritkan banyak orang. Namun, apa yang bisa blewah beri untuk kesehatan tubuh kita? Berikut daftar khasiatnya:

  1. Asupan Vitamin C Harian
READ  Manfaat Susu Almond, Tingkatkan ASI hingga Perkuat Imun

Blewah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Satu cangkir blewah dapat memenuhi asupan vitamin C harian yang disarankan.

Adapun manfaat vitamin C sangat baik untuk mendukung produksi tulang rawan, otot, pembuluh darah, dan kolagen pada tulang.

  1. Baik untuk Kesehatan Rambut

Tak hanya kandungan vitamin C yang tinggi, blewah memiliki kandungan vitamin A yang juga dikenal sebagai retinol. Retinol dibutuhkan untuk produksi sebum, senyawa yang menjaga kulit kepala dan rambut kita tetap lembap dan sehat.

Kandungan vitamin C dalam blewah juga berperan dalam memelihara kesehatan rambut. Ini bermanfaat untuk membangun dan memelihara kolagen yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit
READ  Manfaat Masker Charcoal untuk Wajah, Jadi Bersih Maksimal!

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah blewah juga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, kinerja produk akan lebih baik jika kamu memiliki asupan nutrisi yang baik seperti mengonsumsi buah blewah.

Kamu dapat mengkombinasikan blewah dengan makanan yang memiliki lemak baik seperti alpukat atau minyak zaitun, karena vitamin A dan vitamin C larut dalam lemak.

  1. Menghidrasi Tubuh

Tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, blewah juga kaya akan potasium. Potassium adalah salah satu elektrolit yang hilang saat berkeringat.

READ  Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan serta Kesehatan Kulit dan Wajah

Mengonsumsi blewah sebagai makanan setelah berolahraga membantu tubuhmu untuk cepat kembali segar serta mengurangi kemungkinan kram otot dan kelelahan.

  1. Menjaga Fungsi Jantung

Kandungan dari potasium membantu menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh natrium. Tak berhenti pada potassium, blewah memiliki kandungan serat yang tinggi.

Mengonsumsi makanan dengan tinggi serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang berbahaya bagi jantung.