Manfaat Brotowali: Pahit Rasanya, ‘Manis’ Khasiatnya

Manfaat Brotowali: Pahit Rasanya, ‘Manis’ Khasiatnya
Manfaat Brotowali: Pahit Rasanya, ‘Manis’ Khasiatnya

Brotowali dengan nama ilmiah Tinospora Cordifolia adalah salah satu tanaman yang terkenal akan khasiatnya dan kerap diolah sebagai obat herbal tradisional. Tumbuhan ini berbentuk semak berkayu, berdaun mirip hati, dan memiliki tinggi sekitar 15 meter, Kamu.

Giloy (sebutan Inggris tanaman brotowali) dapat dengan mudah kamu temukan di daerah tropis, termasuk salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, tanaman ini tumbuh di pekarangan ataupun tumbuh liar di hutan. Meskipun rasanya pahit, tapi brotowali memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

Khasiat brotowali untuk menyembuhkan berbagai penyakit sendiri terletak pada seluruh bagian tanamannya, mulai dari akar, batang, hingga, daun. Nah, sebelum mengonsumsi brotowali, simak terlebih dahulu kandungan, manfaat, dan cara mengolah selengkapnya di bawah ini.

READ  Gaya Busana Cowok Ini Tidak Pernah Gagal Memikat Wanita!

Fungsi dan manfaat brotowali ini telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau yang disebut dengan Food and Drug Administration (FDA), lho, Kamu.

Nah, apa sajakah manfaat brotowali? Yuk, simak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari hasil konsumsi brotowali:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk dimiliki dalam rangka mencegah kamu dari berbagai kuman penyebab infeksi. Begitupun sebaliknya, jika kekebalan tubuhmu rendah, maka kamu rentan terjangkit berbagai penyakit.

Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan zat antioksidan. Sehingga kamu dapat terlindungi dari radikal bebas yang dapat membahayakan imunitas tubuh.

READ  Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Nah, brotowali sendiri mengandung antioksidan dan vitamin C yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, Kamu.

  1. Meredakan Gejala Alergi

Pada dasarnya, alergi tidak dapat disembuhkan secara total. Sebab, mengubah sistem kerja imun tubuh sangatlah sulit untuk dilakukan. Satu-satunya cara adalah menghindari faktor pemicunya.

Namun, jika Kamu sudah terlanjur dan mulai merasakan gejala alergi, kamu bisa mencoba mengonsumsi brotowali. Alasannya, karena ada penelitian yang menunjukkan bahwa brotowali dipercaya dapat meredakan gejala alergi, mulai dari pilek, gatal, hingga bentol di kulit.

READ  Manfaat Sabun Antiseptik, Efektifkah Basmi Virus dan Bakteri

Bahkan, dikatakan pula bahwa tanaman ini juga dapat meredam kumatnya penyakit alergi, seperti rhinitis dan eksim.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Siapa sih yang mau terkena penyakit diabetes? Pastinya, semua ingin menghindari penyakit mematikan satu ini.

Ada berbagai obat dan makanan yang bisa dikonsumsi guna menurunkan kadar gula darah, termasuk salah satunya adalah brotowali. Sejak lama, brotowali sering dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal dalam menurunkan kadar gula darah.

Sebab, tanaman ini diyakini dapat memperbaiki kinerja hormon insulin, yang berperan sebagai pengontrol kadar glukosa di tubuh. Tentunya, ini sangat bagus pula untuk mencegah terjangkitnya penyakit diabetes tipe 2.