Manfaat Buah Gandaria: Ketika Mangga dan Jeruk Jadi Satu

Manfaat Buah Gandaria: Ketika Mangga dan Jeruk Jadi Satu
Manfaat Buah Gandaria: Ketika Mangga dan Jeruk Jadi Satu

Buah gandaria merupakan jenis buah-buahan yang hanya bisa tumbuh di wilayah tropis, seperti Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Laos. Buah ini memiliki bentuk mirip mangga dan rasa yang asam sekaligus manis layaknya jeruk.

Bentuk buah ini bulat kecil dan berwarna kuning, dan memiliki biji berwarna ungu. Ia biasa dikonsumsi sebagai rujak. Tak banyak orang tahu bahwa buah mungil satu ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk ibu hamil.

Pada buah gandaria terdapat air, protein, lemak, karbohidrat, serta, hingga vitamin C yang sangat baik bila dikonsumsi secara rutin.

Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar buah gandaria, sebenarnya apa aja sih khasiat buah gandaria, dan ada kandungan apa saja di dalamnya? Yuk, kita simak ulasan berikut ini!

READ  Manfaat Temu Ireng: Obat Tradisional Tak Terduga

Khasiat Buah Gandaria

Setelah kita tahu apa saja kandungan gizi di dalam buah gandaria, mari kita simak apa saja manfaat dan khasiat buah gandaria bagi kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa gandaria mengandung cukup banyak air, sehingga buah ini dapat membantu proses penyerapan zat besi lebih efektif di dalam tubuh.

Di mana hal ini akan meningkatkan daya tubuh kita terhadap infeksi kuman ataupun virus berbahaya yang menyerang.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah gandaria tidak hanya mampu meningkatkan ketahanan tubuh, namun buah ini juga dapat mempercepat penyembuhan terhadap luka.

READ  Kawasaki Lanjutkan Kerjasama dengan MSS Performance untuk Bikin Paket Balapan 2023

Hal ini disebabkan karena buah gandaria turun membantu metabolisme protein dalam tubuh, sehingga akan membuat stimulus regenerasi sel-sel dalam tubuh.

  1. Membantu Program Diet

Siapa diantara kamu yang memiliki masalah dengan berat badan? Perlu kamu ketahui bahwa kandungan serat yang ada pada buah gandaria bisa membantu program diet kamu.

Kecukupan serat di dalam tubuh akan membantu membuat perasaan kenyang lebih lama. Jadi, jika kamu sedang menjalani program diet, bisa coba konsumsi buah gandaria ini ya!

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten yang ada pada buah gandaria berguna untuk menjaga kesehatan mata. Mengapa? Karena beta karoten merupakan nutrisi yang dapat berubah menjadi manfaat vitamin A yang bisa diserap oleh tubuh dengan cepat.

READ  Kereta Teknis Proyek KCJB Anjlok, Polisi Sebut Ada Korban Tewas

Kamu pasti sudah tahu kan kalau vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata kita?

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Hampir semua orang menginginkan kulit yang sehat dan berseri. Oleh karena itu, kamu perlu mengkonsumsi buah gandaria secara rutin karena buah gandaria juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan dan kelembapan pada kulit kamu.

Kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah ini akan membantu dalam pembentukan jaringan kolagen yang akan menjaga kulit kamu tetap sehat.

Tidak hanya itu, kandungan air yang ada pada buah ini juga membantu kulit kamu tetap terasa lembap.