Manfaat Buah Parijoto: Cegah Kanker hingga Dukung Kehamilan

Manfaat Buah Parijoto: Cegah Kanker hingga Dukung Kehamilan
Manfaat Buah Parijoto: Cegah Kanker hingga Dukung Kehamilan

Buah parijoto yang bentuknya seperti buah anggur ini merupakan sejenis buah-buahan yang berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah, tepatnya di area gunung Muria. Buah parijoto ini merupakan warisan dari Sunan Muria dan memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa.

Selain tumbuh liar di area dataran tinggi (800-2.300 mdpl) dan area hutan hujan tropis seperti di gunung Muria, buah satu ini juga banyak dibudidayakan. Buah parijoto berwarna merah mudah saat masih mentah, dan berubah warna ungu kehitaman kala sudah matang.

Buah parijoto dikenal memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, utamanya untuk meningkatkan kesuburan dan menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Buah parijoto berukuran kecil dan berbentuk bulat hingga lonjong. Buah ini memiliki rasa yang renyah, lembut, dan rasa buah perpaduan manis dan asam. Adapun beberapa manfaat dari buah parijoto yang baik untuk kesehatan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Kesuburan
READ  Papua Barat Daya Sah Jadi Provinsi ke-38 Indonesia

Buah yang disebut dengan anggur Asia ini dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan bagi wanita. Hal ini didukung dari hasil penelitian yang dipublikasikan oleh American Institute of Physics, di mana buah parijoto diketahui efektif membantu para wanita yang sulit hamil.

  1. Mencegah Keguguran

Selain untuk meningkatkan kesuburan bagi wanita, buah parijoto juga bermanfaat untuk menjaga kehamilan.

Pada trimester pertama risiko keguguran lebih besar sebab janin di dalam kandungan masih sangat lemah. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

READ  Manfaat Labu Siam, Perkuat Imun hingga Bantu Diet dan Ibu Hamil

Antioksidan dipercaya dapat menangkal efek berbahaya radikal bebas dan zat racun yang dapat membahayakan si ibu dan pertumbuhan calon bayi.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Ibu Hamil

Seorang ibu hamil sangat rentan terserang berbagai penyakit karena sistem imun yang melemah. Terlebih pada awal-awal masa kehamilan, kamu perlu menyesuaikan diri dengan perubahan hormon dan fisik yang terjadi.

Mengonsumsi buah parijoto adalah salah satu solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil. Karena kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu mencegah tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Buah parijoto adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Zat antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah flavonoid, tanin dan saponin.

READ  Ratusan Unit Kendaraan Operasional Pemkot Tangerang Diduga Nunggak Pajak

Adanya zat antioksidan ini mampu membantu menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti mudah terserang berbagai macam penyakit.

  1. Mengatasi Diare

Menurut beberapa penelitian, buah parijoto juga bermanfaat dalam membantu mengatasi diare. Caranya pun mudah, kamu cukup membuat ramuan tradisional dari buah parijoto untuk dikonsumsi.

Siapkan 15-20 gram daun dan buah parijoto, lalu rebus di dalam 450-500 ml air mendidih sekitar 20 menit. Setelah matang, angkat daun dan buah parijoto dan saring. Minum hasil saringan daun dan buah parijoto 2 kali sehari secara rutin sampai diare sembuh.