Manfaat Cengkeh, Si Harum yang Kaya Khasiat

Manfaat Cengkeh, Si Harum yang Kaya Khasiat
Manfaat Cengkeh, Si Harum yang Kaya Khasiat

Cengkeh adalah rempah yang biasa digunakan di kehidupan sehari-hari. Kita bisa menggunakan cengkeh untuk bumbu makanan hingga campuran di minuman agar rasanya lebih nikmat.

Banyaknya fungsi dari cengkeh tentu tak lepas dari manfaatnya. Cengkeh mengandung kalium, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan masih banyak lagi kandungan zat yang mampu mendukung kesehatan tubuh kita. Bahkan, cengkeh juga ampuh lho untuk mendukung sistem imun kita.

Jadi, apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan? Simak daftar khasiat cengkeh untuk tubuh kita berikut ini!

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri
READ  Alat Musik Asli Indonesia Angklung Jadi Google Doodle

Cengkeh mempunyai sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, Kamu. Minyak cengkeh efektif untuk membunuh berbagai jenis bakteri, salah satunya adalah Escherichia coli (E. coli) yang menyebabkan diare.

Sifat antibakteri ini juga bermanfaat untuk kesehatan mulut karena mampu membunuh bakteri yang bisa memicu penyakit gusi.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat cengkeh lainnya adalah untuk sistem pencernaan tubuh manusia. Cengkeh dapat merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi mual, mengatasi iritasi lambung, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, manfaat cengkeh lainnya adalah dipercaya dapat mengatasi diare dan disentri kronis, Kamu.

  1. Mengatasi Sakit Gigi
READ  Manfaat Porang: Umbi Berkhasiat, Bisa Jadi Apa Pun!

Senyawa eugenol yang terkandung dalam cengkeh dapat mengurangi rasa nyeri di gigi dan gusi.

Selain itu, cengkeh juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan infeksi. Kamu bisa mencobanya untuk mengatasi sakit gigi yang kamu derita.

  1. Meredakan Nyeri

Kandungan senyawa kimia pada cengkeh dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Kandungan tersebut mempunyai efek antinyeri, antiradang, dan mengurangi kerusakan sel pada saraf.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat cengkeh juga bisa dirasakan untuk kesehatan Tulang. Cengkeh dapat membantu mengobati kepadatan tulang serta osteoporosis.

READ  Terlalu Sibuk Bekerja? Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Kamu bisa menambahkan cengkeh ke dalam bubuk ke dalam makanan atau minuman seperti teh dan susu untuk mendapatkan manfaatnya.

Kandungan mangan dalam teh berfungsi untuk menambah nutrisi harian untuk tulang.