Manfaat Chia Seed, Superfood Kaya Serat dan Protein Tinggi

Manfaat Chia Seed, Superfood Kaya Serat dan Protein Tinggi
Manfaat Chia Seed, Superfood Kaya Serat dan Protein Tinggi

Manfaat Chia Seed – Biji chia atau Chia seed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica. Biji-bijian ini populer untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang menjalani pola hidup sehat.

Chia seed sendiri termasuk dalam kategori superfood karena mengandung serat, vitamin, antioksidan, omega 3, protein yang tinggi.

Makanan yang mirip dengan biji selasih ini, punya segudang manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak khasiat chia seed untuk kesehatan berikut ini!

Manfaat / Khasiat Chia Seed

  1. Bantu Turunkan Berat Badan

Walaupun tidak berperan langsung untuk menurunkan berat badan, namun kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan pencernaan yang dapat membuat berat badan cepat turun.

READ  Manfaat Tawas untuk Kecantikan, Bukan Hanya untuk Ketiak!

Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa biji-bijan ini juga membantu mengurangi lemak dan proteinnya yang tinggi dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Jadi chia seed, cocok banget buat kamu yang menjaga pola makan dan sedang diet nih, Kamu.

  1. Atasi Kolesterol

Chia seed memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol. Asam lemak omega 3 mengandung lemak monounsaturated yang terbukti dapat menurunkan kolesterol.

Hal ini juga telah dibuktikan dengan beberapa studi yang menyatakan bahwa dengan menambah chia seed ke makanan dapat menjaga kolesterol sehingga tidak menyebabkan gemuk atau lemak jahat.

  1. Tambah Energi
READ  Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan: Segar Berkhasiat

Jika kamu punya aktivitas yang padat, berat atau suka berolahraga, makanan sehat ini wajib banget untuk kamu konsumsi. Karena chia seed mengandung vitamin B, zat besi, dan magnesium yang dapat meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Setelah kamu berolahraga dan meminum minuman dengan chia seed, maka energi dalam tubuh semakin bertambah.

  1. Kaya Antioksidan

Antioksidan pada chia seed jumlahnya sangat tinggi. Antioksidan terkenal bermanfaat untuk kulit menangkal radikal bebas sehingga dapat menghambat penuaan pada kulit.

Dengan mengkonsumsi chia seed, kulit menjadi halus dan tidak keriput. Selain itu, chia seed juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan dapat mencegah peradangan kulit akibat terpapar sinar matahari.

  1. Baik untuk Tulang dan Gigi
READ  HT Sambut Tokoh-Tokoh yang Bergabung ke Perindo

Chia seed kaya akan kalsium dan mangan, keduanya sangat baik untuk memperbaiki kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat.

Nggak cuma itu saja, makanan sehat itu kaya akan mineral yang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang.