Manfaat Ciplukan: Buah Liar Tropis yang Eksotis

Manfaat Ciplukan: Buah Liar Tropis yang Eksotis
Manfaat Ciplukan: Buah Liar Tropis yang Eksotis

Ciplukan merupakan tanaman yang tumbuh subur di wilayah dengan iklim tropis. Awalnya, buah berwarna kekuningan ini kurang diminati karena dianggap sebagai tanaman liar. Namun siapa sangka, kini ciplukan dikenal luas berkat keampuhannya dalam mengatasi berbagai penyakit.

Buah ciplukan juga dikenal dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah, nama Latinnya sendiri adalah Physalis peruviana atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai ground cherry atau morel berry.

Rasanya yang manis dan asam jadi daya tarik tersendiri. Selain dikonsumsi secara langsung, ciplukan juga digunakan sebagai olahan minuman herbal yang kaya khasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Beberapa penelitian juga menemukan berbagai manfaat kesehatan dari buah ciplukan, seperti mengatasi peradangan, meningkatkan imunitas tubuh, serta meningkatkan kesehatan tulang.

READ  Kenalan dengan Metode Lamaze untuk Persiapan Persalinan

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu terima dari buah asam manis ini, sebagai berikut:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah ciplukan mengandung vitamin K cukup tinggi. Kandungan tersebut sendiri memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Termasuk membantu penyembuhan ketika terjadi patah tulang.

Sebuah jurnal penelitian juga mengungkapkan pentingnya peranan vitamin K dan dikonsumsi bersama vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang secara optimal.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan polifenol didalam buah ciplukan mampu memperkuat sistem imunitas tubuh secara efektif. Polifenol sendiri merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi mencegah peradangan.

Buah dengan rasa asam manis ini juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga imunitas tubuh melawan penyakit.

  1. Kontrol Tekanan Darah
READ  Gaya Berpakaian Cewek yang Paling Disukai Cowok, Wajib Dicoba!

Salah satu pemicu munculnya komplikasi penyakit bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Bila tidak ditangani dengan serius, tentunya akan menjadi masalah baru bagi kesehatan.

Agar dapat mengontrol tekanan darah, kamu dapat mengonsumsi ekstrak dari akar dan batang buah ciplukan. Kandungan flavonoid pada akar dan batang buah ciplukan dapat digunakan sebagai pengontrol tekanan darah.

Rebus 5 gram akar dan batang ciplukan yang sudah dikeringkan dengan 110 mililiter (ml) air. Setelah mendidih, Kamu dapat menyaring dan mendinginkannya.

Agar mendapatkan khasiat yang maksimal dari akar dan batang ciplukan, kamu dapat meminum 100 ml air rebusan dari ciplukan sehari dua kali.

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang menyebabkan penderitanya memiliki kencing manis. Penyakit ini muncul karena adanya permasalahan yang mengganggu kondisi tubuh, sehingga memicu penumpukan glukosa pada darah.

READ  Manfaat Buah Pepaya: Kaya Vitamin dan Enzim untuk Tubuh

Dalam mengobati penyakit diabetes melitus, akar dan batang ciplukan dapat diandalkan. Kandungan saponin yang terdapat pada akar dan batang ciplukan mempunyai manfaat yang dapat menurunkan kadar gula darah.

  1. Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisa disebabkan oleh beberapa masalah pada mulut, salah satu penyebab gusi berdarah adalah kelainan pada rongga mulut seperti Gingivitis.

Radang gusi (gingivitis) disebabkan oleh penumpukan plak pada garis gusi. Tentunya penumpukan plak ini dapat menimbulkan pendarahan pada gusi.

Buah ciplukan mempunyai kandungan vitamin C yang bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati atau menyembuhkan sariawan, dan juga sangat ampuh untuk mengobati gusi berdarah.