Manfaat Daging Sapi: Protein Nikmat, Otot Kuat

Daging sapi
Daging sapi

Daging sapi adalah salah satu daging merah yang paling umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Banyak sekali makanan khas Indonesia yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Sebut saja kuliner seperti rendang, rawon, sate, empal, dan lain-lain. Sebab, salah satu sumber protein terpopuler ini memang memiliki tekstur dan rasa yang nikmat. Namun, daging sapi bukan sekedar enak, lho, Kamu.

Di dalam daging sapi juga terkandung banyak nutrisi yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran enggak, apa saja manfaat daging sapi?

READ  Ketahui Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Gigi

Manfaat Makan Daging Sapi bagi Kesehatan

Kaya nutrisi, daging sapi menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Sumber Protein

Protein itu penting banget, Kamu, untuk tubuh kamu! Protein merupakan nutrisi yang membantu tubuh untuk membuat dan memperbaiki tulang, tulang rawan dan juga kulit.

Nah, daging sapi adalah salah satu sumber protein tertinggi yang bisa kamu dapatkan. 170 gram (g) daging sapi yang 80% bebas lemak memiliki 46 g protein, lho.

  1. Kaya Mineral

Selain protein, daging sapi juga kaya akan mineral, Kamu. Daging sapi yang 80% bebas lemak bisa memberikan kamu lebih dari 50% dari kebutuhan harian selenium dan zinc kamu.

READ  Cara Mengolah Daging Sapi dengan Baik dan Benar

Daging sapi dapat menghindarkan Kamu dari defisiensi mineral. Beberapa dari mineral yang bisa kamu dapatkan dari daging sapi antara lain adaah iron, magnesium, selenium dan zinc.

  1. Meningkatkan Imunitas

Zinc yang terkandung dalam daging sapi dapat membantu mendukung sistem imun kamu, Kamu. Selain itu, daging sapi juga mengandung karnosin yang dinilai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artinya, daging sapi bisa membantu kamu untuk menjadi lebih kuat melawan serangan penyakit!

  1. Membantu Mencegah Anemia

Daging sapi bisa membantu mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau anemia defisiensi besi.

READ  Jadi WNI, Jordi Amat dan Sandy Walsh Nyanyikan Indonesia Raya dengan Baik

Nah, kamu bisa mendapatkan kebutuhan zat besi ini dari daging sapi. Untuk orang-orang yang berisiko memiliki penyakit ini, daging sapi dapat membantu untuk mencegahnya.

Zat besi yang Kamu bisa dapatkan dari daging sapi akan membantu produksi hemoglobin yang turut membantu darah mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.