Manfaat dan Keutamaan Sedekah Subuh

Manfaat dan Keutamaan Sedekah Subuh
Manfaat dan Keutamaan Sedekah Subuh

Subuh adalah salah satu waktu di antara beberapa waktu, di mana Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan shalat. Sebagian umat Islam mungkin menganggap waktu subuh adalah waktu tersulit. Sebab mereka harus bangun mendirikan salat pada saat terlelap tidur. Selain salat subuh, di waktu subuh ini umat Islam dianjurkan memperbanyak aktivitas dan amalan yang dapat menambah keberkahan, salah satunya adalah sedekah subuh.

Sedekah subuh adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak. Orang yang bersedekah akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan sedekah yang diberikan. Pahala saat mengeluarkan sedekah dapat Allah balas langsung atau di masa depan. Di bawah ini penjelasan mengenai manfaat dan keutamaan sedekah subuh yang perlu kamu ketahui.

READ  Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Secara etimologi shadaqah berasal dari bahasa Arab ash-shadaqah yang artinya pemberian sunnah. Lalu, secara terminologi shadaqah adalah memberikan sesuatu tanpa mengharapkan balasan dari manusia karena Allah yang akan membalas berupa pahala. Tentunya, ada banyak manfaat dan keutamaan sedekah subuh. Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya untuk melipatgandakan pahala kepada siapa saja yang Ia kehendaki. Simak manfaat dan keutamaan sedekah subuh berikut ini.

  1. Senantiasa Didoakan Malaikat
READ  Manfaat Mandi Sauna bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bersedekah di waktu subuh adalah amalan yang mulia. Orang bersedekah di waktu subuh insya Allah akan senantiasa didoakan oleh malaikat. Terdapat sebuah hadits tentang sedekah subuh: “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” – HR. Bukhari & Muslim

  1. Dikabulkan Permintaan

Sedekah memang perbuatan tanpa pamrih, namun tak ada salahnya jika kamu juga menyampaikan hajat dan doa lewat sedekah subuh. Seperti halnya berdoa, niatkan sedekah Subuh yang kamu berikan untuk kemudahan segala urusan. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang ingin doanya dikabulkan (Oleh Allah) dan dilepaskan dari kesulitan, hendaknya dia membantu orang untuk mengatasi kesulitannya.” – HR. Tirmidzi.

  1. Menghapus Dosa
READ  Manfaat Blewah: ‘Primadona’ Ramadan yang Istimewa

Sedekah merupakan amalan tambahan yang keutamaannya adalah dapat menghapus dosa. Kalau kamu ingin diampuni dari segala dosa dan kesalahan, banyak-banyaklah bersedekah, terutama saat subuh. Dalam hadis diriwayatkan: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” – HR. Tirmidzi

  1. Harta Menjadi Berkah

Harta yang berkah adalah harta yang memiliki banyak nilai manfaat baik di dunia dan di akhirat. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” – HR. Muslim.