Manfaat Daun Alpukat: Ampuh Atasi Darah Tinggi

Manfaat Daun Alpukat: Ampuh Atasi Darah Tinggi
Manfaat Daun Alpukat: Ampuh Atasi Darah Tinggi

Alpukat mungkin adalah salah satu buah favorit Kamu. Tapi, tahukah kamu bahwa selain buahnya yang lezat, bagian daun dari tanaman ini juga bisa diolah menjadi obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan?

Masih banyak orang yang mengira daun alpukat tidak boleh dikonsumsi. Padahal, seringkali diolah menjadi minuman untuk pengobatan tradisional. Bahkan, daun dari buah berbiji bulat ini mempunyai kandungan nutrisi yang lebih besar dibandingkan buahnya, lho.

Kandungan di dalam daun alpukat memiliki banyak fungsi dalam mencegah dan mengatasi berbagai penyakit berbahaya yang bisa mengancam kapan saja. Lalu, apa saja kandungan dan khasiatnya?

Sejak dahulu kala, daun alpukat sudah dipercaya dalam dunia kesehatan. Ini dianggap sebagai daun spesial yang mampu membasmi berbagai penyakit. Lantas, apa saja manfaat daun alpukat untuk kesehatan? Berikut uraian lengkapnya:

  1. Antioksidan (Pembasmi Radikal Bebas)
READ  Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mulus & Bercahaya!

Faktanya, daun alpukat mengandung konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buahnya itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan daun alpukat mempunyai senyawa bernama quercetin dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas.

Apa sih yang dimaksud dengan radikal bebas? Radikal bebas adalah produk degenerasi akibat oksigenasi yang berlangsung secara alami di dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan, radikal bebas dapat diperlambat ataupun dicegah, sehingga tubuh kamu menjadi lebih sehat, Kamu.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Bagi kamu, yang memiliki tekanan darah tinggi alias hipertensi, kamu juga bisa mencoba untuk konsumsi daun alpukat ya, Kamu!

READ  Beberapa Fakta Menarik Wajib Militer di Korea Selatan

Daun alpukat mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa menyeduh teh alpukat 3 kali atau lebih setiap minggunya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan flavonoid, saponin, dan tanin yang ada di dalam daun alpukat berperan untuk memberi keseimbangan pada asam lambung. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi daun alpukat, kamu bisa terbebas dari bisul akibat stres parah dan mengobati penyakit maag.

Tidak hanya itu, ekstrak daun alpukat juga dipercaya sebagai obat diare dalam memerangi berbagai virus dan bakteri yang ada di saluran pencernaan, lho, Kamu. Perlu dicatat pula, akan lebih baik apabila ekstrak daun alpukat dikonsumsi setelah perut telah terisi.

  1. Menurunkan Glukosa Darah
READ  Soal Jadi Anak Presiden, Kaesang: Banyak Gak Enaknya, Ribet

Kadar gula darah (glukosa) yang tinggi pada jangka waktu yang lama bisa memicu penyakit diabetes. Penyakit satu ini cukup ditakutkan, sebab bisa mengancam jiwa seseorang.

Oleh karena itu, bagi kamu yang mempunyai kadar gula darah yang tinggi, kamu bisa mengonsumsi daun alpukat, ya! Sebab, kandungan antioksidan dan fitokimia yang ada di dalam daun alpukat dipercaya mampu menurunkan glukosa dan lemak tubuh.

  1. Mengurangi Kejang

Umumya, kejang diakibatkan oleh berbagai keadaan dan ditandai dengan gerakan tubuh yang tidak bisa dikendalikan. Dengan mengonsumsi daun alpukat, kamu bisa mengurangi kondisi kejang tersebut.

Hal ini dikarenakan ekstrak daun alpukat yang terkandung bermanfaat untuk meningkatkan transmisi gamma aminobutyric acid (GABA), sehingga membuat senyawa neurotransmitter lebih tenang.