Manfaat Daun Bawang: Penyedap Rasa yang Kaya Guna

Manfaat Daun Bawang: Penyedap Rasa yang Kaya Guna
Manfaat Daun Bawang: Penyedap Rasa yang Kaya Guna

Kamu pasti sering menjumpai daun bawang pada banyak makanan di Indonesia seperti martabak telur, sup, soto, bubur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayuran ini memang sering dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap masakan pada suatu hidangan karena wangi dan mampu menambah cita rasa masakan.

Menilik segudang nutrisi yang dimiliki daun bawang, tidak heran sayuran ini juga banyak mendatangkan manfaat positif untuk kesehatan. Manfaat-manfaat ini bisa kamu dapatkan apabila mengombinasikannya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Berikut daftar khasiat daun bawang untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bawang yang pertama adalah mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini banyak mengandung folat yang diketahui dapat melindungi lapisan pada pembuluh darah.

READ  Carsentro Bogor Resmi Beroperasi, Fasilitasi Permintaan Mobil Bekas Berkualitas

Ada juga senyawa lainnya seperti kaempferol flavonoid yang terbukti dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung mendadak.

  1. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Sumber vitamin A pada daun bawang sangat penting untuk membantu tingkatkan kekebalan tubuh dari berbagai infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

Selain melawan infeksi, senyawa tersebut dapat mengurangi peradangan. Sedangkan senyawa vitamin E yang tinggi pada daun bawang juga bermanfaat untuk menghambat penyebaran pro-inflamasi.

Selain daun bawang, sayuran hijau lainnya seperti brokoli dan bayam juga dapat memberikan efek serupa.

  1. Memelihara Kesehatan Mata

Hampir seluruh kandungan daun bawang terdiri dari vitamin A. Tidak heran sayuran ini apabila dikonsumsi secara rutin dan dengan takaran yang tepat dapat menjaga kesehatan dan mengurangi gejala mata lelah.

READ  Manfaat Buah Gandaria: Ketika Mangga dan Jeruk Jadi Satu

Ada Juga kandungan antioksidan yang terbukti melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada permukaan mata. Daun bawang sangat dianjurkan untuk para orang tua sebagai upaya mencegah gangguan mata akibat degenerasi.

  1. Meningkatkan Fungsi Organ Pencernaan

Sayuran merupakan sumber serat alami paling banyak kandunganya di antara jenis makanan lainnya. Serat sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pencernaan, serta membersihkan dan meningkatkan pergerakan usus.

Pada 100 gram daun bawang mengandung sekitar 1,8 gram sampai 9 gram serat. Jumlah ini tergantung dengan varietasnya, tumbuhan daun bawang liar mengandung nutrisi lebih tinggi.

  1. Mengandung Nutrisi Penting untuk Sistem Saraf

Aktivitas yang padat dapat menyebabkan kelelahan dan hilang fokus. Salah satu khasiat daun bawang yang perlu kamu ketahui adalah mampu mengurangi kelelahan dan menenangkan stress.

READ  Merk Velg Mobil Terbaik: Tampil Beda dan Lebih Keren

Kandungan vitamin C, vitamin B6 dan folat tinggi pada daun bawang dapat mempertahankan fokus serta membantu pemeliharaan kesehatan saraf.

  1. Menurunkan Risiko Katarak

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa daun bawang dapat memelihara kesehatan mata. Namun, ternyata sayuran ini juga dapat digunakan untuk menurunkan risiko mata katarak.

Penyakit ini umumnya menyerang orang yang berusia 40 tahun ke atas. Jika tidak dicegah, maka perlu proses pembedahan untuk mengangkat katarak.

Kandungan seperti zeaxanthin dan lutein pada daun bawang ternyata dapat menciptakan lapisan perlindungan pada mata agar terhindar dari katarak.