Manfaat Daun Katuk: Tak Hanya Baik untuk Busui

Manfaat Daun Katuk: Tak Hanya Baik untuk Busui
Manfaat Daun Katuk: Tak Hanya Baik untuk Busui

Apakah kamu tahu daun katuk? Daun yang satu ini cenderung jarang dijual di pasar. Namun, jika kamu memiliki pekarangan yang luas, tak ada salahnya menanam daun yang satu ini.

Daun katuk biasa dimasak dan dijadikan sayur bening dan dijadikan teman makan nasi. Selain memiliki rasa yang enak, daun katuk memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat daun katuk paling terkenal adalah dapat melancarkan ASI.

Tak hanya itu, masih banyak, lho, khasiat daun katuk. Sebelum mengetahuinya, simak dulu berbagai kandungan dari daun katuk.

Jika selama ini kamu hanya tahu manfaat daun katuk sebagai makanan yang memperlancar ASI, kini saatnya kamu mengetahui manfaat lainnya di bawah ini:

  1. Memperlancar ASI
READ  Spion Elektrik Dilipat Paksa? Ini Efek Buruk Yang Mengintai

Manfaat daun katuk yang ini adalah yang paling populer. Sejak dahulu, daun katuk biasanya digunakan sebagai ASI booster bagi ibu menyusui.

Ternyata hal ini memang benar karena daun katuk memiliki kandungan yang kaya kan laktagogum, oksitosin, dan prolaktin yang meningkatkan jumlah produksi asi.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi daun katuk juga harus dibarengi dengan istirahat dan minum air putih yang cukup.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di saat pandemi, tentunya kamu perlu perlindungan akan daya tahan tubuh yang ekstra. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi daun katuk.

READ  Eri Cahyadi Bangun Rumah Bhinneka, Tegaskan Surabaya Kota Toleransi

Daun katuk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang baik bagi imunitas tubuh. Selain itu, daun katuk juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat yang satu ini merupakan manfaat daun katuk yang jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, kandungan antioksidan, anti radang, dan antibakterinya dapat mempercepat penyembuhan luka.

Caranya, kamu dapat mencuci daun katuk lalu haluskan. Selanjutnya oleskan pasta daun katuk pada luka yang sudah dibersihkan.

  1. Mencegah Obesitas

Jika kamu memiliki masalah dengan berat badan, kamu perlu menyimak khasiat daun katuk yang satu ini. Daun katuk dipercaya bisa mengurangi pembentukan jaringan lemak.

READ  Manfaat Menjadi Orang Vegetarian

Hal tersebut memungkinkan karena daun katuk mengandung senyawa flavonoid. Namun, kamu tidak bisa menurunkan berat badan dengan hanya mengandalkan daun katuk karena manfaat ini perlu penelitian lanjutan.

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat daun katuk untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah osteoporosis. Penyakit ini adalah sebutan untuk kondisi menurunnya kepadatan tulang.

Berkat kandungan kalsium, fosfor, zat besi, dan potassium, daun katuk memiliki khasiat mencegah osteoporosis. Adapun kandungan lain dalam daun katuk yang mendukung pencegahan osteoporosis adalah senyawa isoflavonoid.