Beranda Life Style Manfaat Daun Tempuyung, Obat Penyakit Dalam dari Alam

Manfaat Daun Tempuyung, Obat Penyakit Dalam dari Alam

181
0
Manfaat Daun Tempuyung, Obat Penyakit Dalam dari Alam
Manfaat Daun Tempuyung, Obat Penyakit Dalam dari Alam

Daun tempuyung atau bernama latin Sonchus Arvensis adalah sejenis tanaman liar yang sering kali dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Tanaman ini banyak tumbuh di pinggir jalan, sela-sela parit, hingga tembok yang tidak terawat.

Ciri khas tanaman ini memiliki batang yang berbulu dan lunak. Sementara itu, untuk daunnya berbentuk lonjong dengan ujung lancip berwarna hijau keunguan. Meskipun termasuk tumbuhan liar, tapi daun tempuyung mengandung alfa lactucerol, beta-lactureol, mannitol, inositol, silika, kalium, dan flavonoid.

Karena banyaknya kandungan senyawa aktif inilah, daun tempuyung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama sebagai obat penyakit dalam. Nah, berikut ini deretan manfaat daun tempuyung yang baik untuk kesehatanmu!

READ  Polisi Bakal Berikan Tanda Khusus untuk STNK Kendaraan Konversi

Manfaat Daun Tempuyung untuk Kesehatan

Daun tempuyung memiliki segudang manfaat yang berasal dari kandungan nutrisinya. Seperti vitamin, mineral, dan senyawa alaminya yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun tempuyung:

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat daun tempuyung yang paling terkenal adalah dapat menghancurkan batu ginjal. Ini karena daun tempuyung memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini bereaksi dengan cara menguraikan kalsium karbonat yang bercampur dengan zat lainnya pada batu ginjal. Sehingga batu ginjal bisa larut dan dikeluarkan melalui urine.

  1. Menurunkan Kadar Asam Urat
READ  Ini Dia Isi Rancangan UU P2SK yang Digodok Pemerintah dan DPR

Selain dapat menguraikan batu ginjal, daun tempuyung juga mampu melarutkan kristal asam urat. Biasanya, penderita asam urat merasakan nyeri sendi karena terjadi pembentukan kristal urat yang mengendap di dalam pembuluh darah.

Nah, mengonsumsi daun tempuyung dapat mendorong keluar kristal asam urat yang mengendap untuk keluar melalui urin. Ini karena adanya kandungan flavonoid dalam daun tempuyung yang dapat menurunkan asam urat.

  1. Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi kondisi yang tidak boleh disepelekan karena dapat memicu berbagai gangguan kesehatan lainnya. Untuk mengatasi hipertensi, kamu bisa mengonsumsi ekstrak daun tempuyung.

READ  Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat

Kandungan asam amino, polifenol, lipid, lupeol, dan protein pada tempuyung mampu mencegah hipertensi. Jika kamu rutin mengonsumsi ekstrak daun tempuyung, maka tekanan darah akan lebih terkendali.

  1. Mengobati Luka Bakar

Tak hanya dapat mengobati penyakit organ dalam saja, daun tempuyung juga bisa bermanfaat sebagai obat luar. Jika kamu memiliki luka bakar ringan akibat tersengat sumbu api, dapat menggunakan daun tempuyung yang telah ditumbuk.

Caranya, cukup tumbuk daun tempuyung secukupnya lalu peras hingga mengeluarkan air dan bubuhkan daun yang sudah halus pada luka bakar. Gunakan secara rutin hingga luka membaik.