Manfaat Gandum: Biji-bijian Sehat, Tangkal Obesitas

Manfaat Gandum: Biji-bijian Sehat, Tangkal Obesitas
Manfaat Gandum: Biji-bijian Sehat, Tangkal Obesitas

Pada dasarnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Namun, gandum juga bisa menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, Kamu. Lantas, apa itu gandum?

Gandum adalah biji-bijian serealia yang berasal dari jenis rumput Triticum. Umumnya, gandum diolah menjadi tepung, roti, pasta, mi, dan olahan lainnya.

Berasal dari Asia Barat Daya, gandum sendiri sulit ditemukan di Indonesia. Sebab, gandum merupakan tanaman subtropis yang tidak cocok ditanam di daerah tropis. Oleh karena itu, biasanya, gandum diimpor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Tanah Air.

Manfaat Gandum untuk Kesehatan

Di balik kandungannya, terdapat segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi gandum. Mulai dari atasi kolesterol hingga kematian dini.

READ  Manfaat Sabun Antiseptik, Efektifkah Basmi Virus dan Bakteri

Untuk lebih rincinya, berikut adalah manfaat tanaman gandum yang wajib Kamu ketahui:

  1. Mengontrol Obesitas

Dilansir dari data Kemenkes, dikatakan bahwa 1 dari 3 orang dewasa dan 1 dari 5 anak berusia 5-12 tahun di Indonesia mengalami obesitas.

Obesitas atau kelebihan berat badan sudah menjadi penyakit yang umum terjadi. Penyakit satu ini dapat meningkatkan trigliserida dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Gandum utuh dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida pada tubuh secara alami, Kamu. Kandungan seratnya yang tinggi pun diyakini dapat mengenyangkan kamu dalam jangka waktu lama.

READ  Ketahui Cara Reapply Sunscreen yang Tepat

Nah, oleh karena itu, jika Kamu penderita obesitas, kamu bisa menjadikan gandum sebagai menu diet agar bisa mengontrol berat badan.

  1. Meningkatkan Energi

Perlu Kamu ketahui bahwa gandum mengandung vitamin B, yang dimana dipercaya mampu memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Tidak hanya itu, gandum utuh juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, lho, Kamu.

  1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Diperkaya dengan magnesium, gandum utuh juga dipercaya dapat membantu mengontrol insulin dan sekresi glukosa oleh tubuh.

Oleh karena itu, gandum dapat menjadi pilihan makanan yang tepat untuk mengurangi kadar gula darah, terutama bagi kamu yang menderita diabetes tipe 2.

  1. Meringankan Gejala Pasca Menopause
READ  Wapres Prioritaskan Pengembangan Pendidikan Vokasi Bagi Orang Asli Papua

Pasca menopause adalah siklus dimana wanita mengalami berbagai gejala akibat perubahan hormon setelah menopause. Gejala-gejala ini ditandai dengan insomnia, hot flashes, berat badan naik, dan mood yang mudah berubah.

Nah, asupan produk gandum mentah dapat membantu meningkatkan kandungan serat dan protein serta meringankan berbagai gejala pada wanita yang sedang mengalami fase pasca menopause, Kamu.

  1. Mendetoks Hati

Hati adalah salah satu organ internal terbesar dalam tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam darah secara teratur. Maka dari itu, penting untuk Kamu menjaga kesehatan hati dengan baik.