Manfaat Ikan Gabus: Sumber Protein, Mudah Didapat

Manfaat Ikan Gabus: Sumber Protein, Mudah Didapat
Manfaat Ikan Gabus: Sumber Protein, Mudah Didapat

Gabus adalah salah satu spesies ikan air tawar yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, ia dikenal dengan istilah snakehead, karena memiliki bentuk kepala mirip ular, tubuh memanjang, dan berwarna gelap.

Spesies ikan satu ini banyak digemari untuk dikonsumsi di Tanah Air. Sebab, ikan gabus kaya akan sumber protein hewani yang baik dan penting, serta kandungan gizinya tak kalah dari ikan salmon.

Selain itu, sudah sejak lama ikan gabus diklaim dapat menjadi obat alami untuk berbagai penyakit. Misalnya di Malaysia, dipercaya dapat mengobati luka dan memulihkan cedera. Bahkan, zat albumin dan ekstrak ikan gabus mampu mencegah peradangan.

READ  Manfaat Kulit Manggis: Alternatif Obat yang Efektif

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Ikan gabus diketahui memiliki kandungan zat albumin yang tinggi, yakni salah satu jenis protein yang memiliki segudang manfaat, seperti dalam proses penyembuhan luka.

Sebuah studi menemukan pemberian kapsul kosentrat ikan gabus selama 14 hari sebesar 0,7 gram, dapat mempercepat penyembuhan luka pada pasien pasca operasi. Salah satunya luka pasca persalinan caesar.

Kandungan albumin pada ikan gabus akan membantu meningkatkan kadar albumin tubuh menjadi normal.

  1. Mengobati Malnutrisi

Salah satu risiko apabila tubuh mengalami kekurangan albumin adalah mengalami malnutrisi atau gangguan gizi, terutama pada bayi dan anak-anak.

READ  Bamsoet Dorong IMI Gali Potensi Pebalap Muda di 514 Kabupaten/Kota

Mengonsumsi ikan gabus dapat memperbaiki kondisi gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak-anak, maupun ibu hamil.

Setidaknya konsumsi 100 gram ikan gabus per hari sudah cukup mampu memenuhi berbagai kebutuhan gizi haria yang sangat penting untuk kesehatan.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang empuk, sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan sistem pencernaan. Manfaat ikan gabus untuk pencernaan didapatkan dari kandungan protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan pada daging.

Ikan gabus memiliki sekitar 3 hingga 5 persen dari total kandungan protein kolagen.

  1. Meningkatkan Hemoglobin pada Lansia

Tak banyak yang tahu mengenai khasiat ikan gabus untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin pada lansia.

READ  Gaya Berbusana yang Elegan dan Stylish!

Sebuah penelitian menemukan bahwa pemberian kapsul protein albumin ikan gabus terhadap lansia selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin lansia sebesar 0,373 g/dl.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Jika cairan dalam tubuh berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah dan tidak dapat berfungsi secara normal.

Kondisi bisa diatasi dengan mengonsumsi ikan gabus. Adanya zat album di dalamnya berfungsi untuk mejaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga cairan dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya.

Normalnya, 60% plasma darah terdiri dari kandungan albumin.