Manfaat Kacang Kapri: Sumber Serat, Jantung Sehat

Manfaat Kacang Kapri: Sumber Serat, Jantung Sehat
Manfaat Kacang Kapri: Sumber Serat, Jantung Sehat

Kacang kapri atau Pisum sativum L. merupakan jenis kacang-kacangan yang bisa dimanfaatkan bersama polongnya atau bagian pembungkus buang kacang. Serta mudah dijumpai di pasar tradisional.

Secara visual, kacang kapri tampak mirip dengan petai dan memiliki rasa yang gurih dengan tekstur lembut tanpa aroma serta kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap sup. Selain lezat, jenis kacang ini ternyata kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tak berbeda jauh dengan kacang polong lainnya, kacang-kacangan berwarna hijau ini mengandung sejumlah antioksidan dan serat tinggi. Serta memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan apabila dikonsumsi secara tepat dan teratur.

Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan

Berkat nutrisi melimpah, kacang kapri bermanfaat bagi sel, jaringan, dan organ tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Simak daftar khasiat lengkapnya:

  1. Menangkal Radikal Bebas
READ  85 Juta Pekerjaan Akan Lenyap di 2025, Digantikan Mesin

Manfaat kacang kapri bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat membantu menangkal radikal bebas, molekul yang dapat merusak sel, DNA dan protein di dalam tubuh.

Hal ini berkat adanya kandungan antioksidan di dalamnya, yaitu fenol dan polifenol. Sehingga, tak heran bila mengonsumsi kacang berwarna hijau ini dianggap dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang kapri diketahui memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, terutama bagi para penderita diabetes.

Sebab, kacang kapri merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki indeks glikemik rendah karena kaya akan pati dan rendah.

Dengan indeks glikemik yang rendah inilah akan membantu melepaskan gula ke dalam darah secara perlahan yang mana membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah.

READ  Manfaat Masker Madu untuk Wajah, Lebih Sehat dan Lembap!

Meski begitu, beberapa ahli berpendapat bahwa manfaat kacang kapri satu ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terikat tingkat keefektifannya.

  1. Menjaga Berat Badan

Ternyata, tidak hanya enak untuk dimakan, kacang kapri juga bisa membantu mengontrol berat badan. Dikenal sebagai sumber serat dan protein, kacang kapri dapat membantu memberikan efek kenyang lebih lama.

Dengan begitu, akan menekan keingin kamu untuk makan lebih banyak. Itu sebabnya, banyak yang memasukkan kacang kapri dalam menu diet untuk bisa membantu menurunkan berat badan.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sebagai sumber serat, kacang-kacangan ini memberikan manfaat baik bagi sistem pencernaan dengan membantu melancarkan buang air besar.

READ  Kehadiran Chery Omoda 5 BEV Bakal Mengancam Hyundai Kona Electric

Maka, kemungkinan kamu bisa terhindar dari masalah susah buang air besar dan juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sembelit ringan.

Selain itu, protein di dalam kacang kapri juga ikut berperan dalam menjaga kadar bakteri baik di dalam usus agar tetap seimbang dalam mencerna makanan.

  1. Menyehatkan Jantung

Khasiat kacang kapri juga ditopang oleh kandungan mineral yang bisa menjaga kesehatan jantung. Selain itu, juga membantu mencegah tekanan darah tinggi yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.

Kandungan serat pada kacang kapri juga telah terbukti dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan kacang kapri dalam menu makanan harian kamu untuk memeliharan kesehatan jantung.