Manfaat Kalsium: Peran Pentingnya untuk Tubuh

Manfaat Kalsium: Peran Pentingnya untuk Tubuh
Manfaat Kalsium: Peran Pentingnya untuk Tubuh

Manfaat paling besar yang bisa kamu rasakan dari kasium adalah untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun, tidak hanya itu, ada segudang manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan bila nutrisi kalsium kamu terpenuhi.

Bila biasanya kamu memenuhi kebutuhan kalsium dari susu, kamu juga bisa mendapatkannya secara alami dari beragam makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan sumber protein hewani lainnya.

Selain itu, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, maka kamu juga perlu mengonsumsi sesuai takaran yang tepat. Jika kamu penasaran apa saja manfaat lainnya dari kalsium, kamu bisa menyimak deretan lengkap manfaat kalsium untuk tubuh berikut ini!

READ  Kenali Mitos dan Fakta Seputar Susu UHT

Kalsium bukan hanya mendukung kesehatan tulang dan gigi, ada beragam khasiat lainnya yang bisa kamu terima bila memenuhi kebutuhan kalsium dengan tepat, di antaranya yaitu:

  1. Mendukung Kesehatan Tulang

Mempunyai tulang yang sehat tentunya adalah hal yang diharapkan oleh semua orang, khususnya pada masa pertumbuhan bayi. Asupan kalsium juga sangat dibutuhkan dalam mempertahankan massa tulang di masa dewasa.

Jika kekurangan asupan kalsium, tentunya tulang bisa menjadi lebih tipis dan rapuh. Selain itu, tulang yang lemah juga dapat menyebabkan osteoporosis. Oleh karena itu, dibutuhkan makanan ataupun minuman yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium agar dapat menjaga kesehatan tulang.

  1. Membantu Mengatur Kontraksi Otot
READ  Manfaat Sabun Antiseptik, Efektifkah Basmi Virus dan Bakteri?

Kontraksi otot merupakan keadaan pada saat otot menegang ataupun memendek. Kontraksi otot berfungsi untuk menggerakkan tulang dan rangka tubuh. Agar otot dapat berfungsi dengan baik, tentunya asupan kalsium sangat dibutuhkan dalam kontraksi otot.

Kalsium sangat membantu dalam mengatur kontraksi otot yang berinteraksi dengan magnesium. Ketika otot merangsang saraf, kalsium akan dilepaskan. Kalsium juga dapat mengikat protein pada otot sehingga menghasilkan kontraksi.

Dalam hal ini magnesium memblokir kalsium dengan tujuan agar membantu merilekskan otot. Proses inilah yang sangat penting dalam fungsi otot.

  1. Menjaga Berat Badan
READ  Beberapa Cara Agar Anak Mau Nurut Sama Orang Tua

Memiliki berat badan yang ideal tentunya adalah hal yang diharapkan semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Agar berat badan tetap stabil, tentunya asupan kalsium harus tetap terpenuhi.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berat badan, namun dalam hal ini, kalsium tidak menyebabkan percepatan penurunan berat badan. Oleh karena itu, kebutuhan kalsium harus tetap terpenuhi untuk menjaga metabolisme tubuh yang sehat dalam menjaga berat badan.