Manfaat Kaolin Clay untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Manfaat Kaolin Clay untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya
Manfaat Kaolin Clay untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Untuk sebagian orang, masker tanah liat bisa membuat kulit wajah kering dan iritasi. Nah, kaolin clay bisa menjadi alternatif masker tanah liat, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Namun, agar lebih aman dan manfaat yang diperoleh maksimal, kaolin clay harus digunakan dengan cara yang tepat.

Jika dibandingkan dengan jenis masker tanah liat lainnya, seperti bentonite, kaolin clay bertekstur lebih lembut. Oleh karena itu, penggunaan kaolin clay dinilai lebih cocok untuk pemilik kulit sensitif dan kulit kering, serta orang yang pertama kali memakai masker tanah liat.

READ  Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Perkuat Imun hingga Obati Batuk

Kaolin clay sendiri merupakan salah satu jenis tanah liat yang mengandung mineral kaolinite. Tanah liat ini umumnya berwarna putih, tetapi ada pula yang berwarna kuning, merah, atau cokelat.

Beragam Manfaat Kaolin Clay untuk Kulit
Karena kandungan dan teksturnya yang lembut, ada sejumlah manfaat kaolin clay untuk kulit, yaitu:

  1. Membersihkan pori-pori

Manfaat kaolin clay yang pertama adalah membersihkan pori-pori kulit. Ini karena kandungan mineral di dalamnya mampu menyerap kelebihan minyak serta mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Dengan begitu, pori-pori kulit akan menjadi lebih bersih dan tidak mudah tersumbat.

  1. Mencerahkan wajah
READ  Dampak Negatif Yang Akan Dialami Anak Muda Dengan Gaya Hidup Bebas

Penggunaan kaolin clay sebagai masker wajah juga bisa mencerahkan kulit. Mineral dalam tanah liat ini diketahui efektif untuk meningkatkan aliran darah ke wajah, sehingga melancarkan pengiriman nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit.

  1. Mengobati jerawat

Efek antiradang dari kaolin clay dipercaya mampu mengobati jerawat yang meradang. Selain itu, mineral kaolinite memiliki efek antikuman sehingga bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

  1. Mengatasi masalah penuaan dini
    Sebuah studi menyatakan bahwa penggunaan kaolin clay pada kulit juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. Dengan begitu, kulit bisa terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, misalnya kerutan halus dan noda hitam.
  2. Mempercepat penyembuhan luka
READ  Manfaat Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Kaolin clay juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka ringan. Khasiat ini diduga berkat sifat antiradang yang dimiliki kaolinite, sehingga dapat membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka.

Manfaat kaolin clay tidak hanya terbatas untuk kulit wajah, tetapi juga untuk kulit kepala. Penggunaannya pada kulit kepala bisa menyerap kelebihan minyak dan mencegah pertumbuhan jamur yang dapat memicu ketombe.