Manfaat Konsumsi Daging Ayam bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

Manfaat Konsumsi Daging Ayam bagi Kesehatan, Wajib Tahu!
Manfaat Konsumsi Daging Ayam bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

Daging ayam merupakan sumber pangan populer bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Fakta itu diiringi dengan jumlah banyaknya daging ayam yang telah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, yakni sebesar 2,14 juta ton dan terus mengalami peningkatan berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018.

Berbagai olahan makanan dengan bahan dasar daging dari unggas ini juga telah banyak dijual dan dinikmati. Selain enak, ukuran daging ayam yang cukup besar mampu menjadi idaman bagi semua orang.

Tak hanya itu, harga sepotong daging ayam di beberapa restoran pun terbilang lebih murah ketimbang daging sapi. Namun, ada sebagian orang menyebut bahwa mengkonsumsi daging ayam tidak sehat untuk kesehatan.

Padahal berbagai nutrisi yang ada pada daging ayam. Untuk itu, kamu tidak perlu ragu dan khawatir bila mengkonsumsi daging ayam setiap hari. Tidak hanya itu, ada juga beragam manfaat daging ayam yang baik untuk kesehatan.

READ  Rahasia Jitu RTV Slot Terbaru 2023 Di jamin Menang!

Pakar nutrisi Chris Mohr dari Amerika Serikat mengatakan kandungan nutrisi yang ada di dalam daging ayam memiliki keutamaan tersendiri. Ada jenis nutrisi seperti protein yang tinggi yakni sebesar 18 gram dalam 100 gram daging ayam. Namun, kandungan daging ayam tidak hanya sebatas protein saja.

Sejumlah nutrisi seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, juga beberapa vitamin. Vitamin pada kandungan daging ayam seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin D, vitamin B-12, vitamin A, vitamin K, folat, juga riboflavin dan niacin.

Untuk kadar kalori daging ayam memang tinggi. Pada 100 gram daging ayam terdapat 302 kalori yang dihasilkan. Kadar kalori ini bagus untuk menambah jumlah energi dalam tubuh.

Makanya, kamu tetap akan merasa kenyang walaupun mengkonsumsi daging ayam walaupun tanpa karbohidrat. Namun, ada baiknya bila semua nutrisi kamu dapatkan agar tubuh tidak lemas dan kekurangan energi.

READ  Cara Mengatasi Sesak Napas pada Malam Hari

Manfaat Daging Ayam

  1. Membantu Pembentukan Otot

Protein yang tinggi dalam kandungan daging ayam membantu untuk memaksimalkan pembentukan otot. Selain itu, protein juga membantu untuk menguatkan otot-otot tubuh.

Umumnya, manfaat ayam ini dipilih oleh mereka yang tengah melakukan pembentukan otot melalui gym. Dalam hal ini, bagian ayam yang cocok untuk menambah massa otot adalah bagian dada dan paha dengan jumlah protein 25 sampai 30 gram dalam satu potongnya.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jumlah vitamin B6 yang ada menghasilkan manfaat pada ayam untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan vitamin B6 pada daging ayam berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori.

  1. Mengatur Kadar Kolesterol
READ  Kaki-Kaki Toyota Avanza: Komponen Dan Biaya Perbaikan

Beberapa beranggapan bahwa daging ayam banyak mengandung kolesterol jahat. Padahal sebaliknya, manfaat mengkonsumsi daging ayam adalah adanya kandungan niacin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengkonsumsi ayam tanpa lemak dan diolah dengan cara direbus secara rutin.

  1. Mengurangi Gejala PMS

Kandungan magnesium dalam daging ayam pun ternyata dapat menenangkan gejala sindrom pra menstruasi (PMS). Magnesium mampu melawan beragam perubahan suasana hati yang umumnya dialami oleh wanita ketika masa menstruasi.

  1. Menghilangkan Stres

Manfaat ayam lainnya adalah kandungan vitamin B5 dan tryptophan yang ada pada daging ayam memungkinkan untuk menghilangkan stres.

Zat ini dapat memberikan efek tenang pada saraf manusia, sehingga dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan produksi serotonin yang ada di dalam otak.