Manfaat Kulit Manggis: Alternatif Obat yang Efektif

Manfaat Kulit Manggis: Alternatif Obat yang Efektif
Manfaat Kulit Manggis: Alternatif Obat yang Efektif

Jika biasanya manggis terkenal dagingnya yang sedikit asam dan terasa manis diakhir, ternyata kulitnya pun begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kulit manggis terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi berupa zat xanthones dan turunannya. Senyawa tersebut secara langsung membantu tubuh mencegah dan melawan berbagai penyakit, termasuk menghambat pertumbuhan kanker. Tidak heran kulit manggis sering digunakan sebagai pembuatan obat herbal.

Jika kamu ingin mencari tahu berbagai manfaat lanjut serta kandungan lainnya dari kulit manggis, berikut ini merupakan deretan informasi lengkapnya!

Melalui kandungan yang terdapat di dalamnya, kulit manggis semakin dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa kamu terima antara lain:

  1. Memiliki Kandungan Antioksidan Tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel atau jaringan pada tubuh agar tidak terjadi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh sebab itu, diperlukan asupan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

READ  Manfaat Minyak Grapefruit untuk Kesehatan

Selain buahnya, kulit manggis juga memiliki kandungan tinggi antioksidan yang berperan penting dalam mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel maupun jaringan tubuh yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

  1. Gula Darah Menjadi Terkontrol

Kadar gula darah yang tidak stabil tentunya dapat menimbulkan penyakit diabetes. Tentunya hal ini dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-sehari. Agar dapat mencegah terjadinya diabetes, kamu dapat mengonsumsi asupan-asupan yang bergizi.

Kulit pada buah manggis memiliki kandungan yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, sedikitnya kandungan kalori membuat kulit manggis aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
READ  Manfaat Daun Ketumbar: Rempah Nikmat Berkhasiat

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang jika tidak ditangani dengan segera akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat berujung kematian. Oleh sebab itu, kita perlu mendapatkan asupan-asupan bergizi yang dapat mencegah timbulnya kanker.

Kulit manggis adalah salah satu asupan yang berperan sangat baik dalam mencegah kanker. Kandungan zat xanthone yang terdapat pada kulit manggis berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada kulit manggis juga membantu dalam proses penyembuhan.

  1. Menghindari Penyakit Kardiovaskular

Munculnya berbagai macam penyakit kardiovaskular dan jantung disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat. Salah satu asupan yang dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular dan jantung adalah kulit manggis.

READ  Bukan Harta Melimpah, Ini 2 Hal yang Bikin Bill Gates Bahagia

Kulit manggis dipercaya dapat mencegah kehadiran penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung karena tingginya kandungan serat yang terdapat pada kulit manggis.

Kandungan serat yang dimiliki juga dapat meningkatkan kolesterol baik serta mengurangi kolesterol jahat yang dapat mencegah berbagai macam penyakit. Seperti stroke, hipertensi hingga serangan jantung.

  1. Membasmi Racun Dalam Tubuh

Racun yang terdapat pada tubuh tentunya dapat menyebabkan aliran darah menjadi terganggu, sehingga penyaluran oksigen dan nutrisi menjadi tidak maksimal. Salah satu cara untuk dapat mengatasi timbulnya racun dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi asupan yang bergizi.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit manggis sangat membantu tubuh dalam membuang racun-racun yang ada. Oleh sebab itu, kulit manggis sangat bisa diandalkan untuk kamu yang ingin membuang ataupun membasmi racun dalam tubuh.