Manfaat Labu Siam, Perkuat Imun hingga Bantu Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Labu Siam, Perkuat Imun hingga Bantu Diet dan Ibu Hamil
Manfaat Labu Siam, Perkuat Imun hingga Bantu Diet dan Ibu Hamil

Pernahkah kalian mengonsumsi menu labu siam? Labu siam berawal mula dari Amerika Tengah, namu sekarang kerap digunakan dalam berbagai kuliner di Negara Barat dan Timur.

Rasa manis labu siam mudah sekali dipadukan dengan berbagai lauk pauk. Dari tumisan, sup, rebusan, hingga jus, labu siam bisa dijadikan bahan andalan dalam menu makanan dan minuman sehari-hari.

Selain menggugah selera, sayur yang mirip dengan buah pir penuh dengan kandungan vitamin dan nutrisi loh. Karena khasiatnya, Labu siam sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit yang mengancam nyawa loh.

Yuk, cari tahu beberapa khasiat labu siam bagi kesehatan berikut ini!

READ  Bunga Kredit Mobil yang Ditawarkan Bank-Bank Besar

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Labu siam mengandung rangkaian senyawa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Vitamin dan mineral ini merupakan antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas agar tubuh jauh dari penyakit.

Dari satu labu siam, kamu bisa mendapat kandungan vitamin C, vitamin B, potasium, magnesium, asam folat, dan kandungan penting lain yang cukup tinggi.

Walau kaya akan nutrisi, labu siam memiliki kadar kalori, lemak, dan karbohidrat yang cenderung rendah, sehingga cocok disertai dalam berbagai diet.

Menjaga Gula Darah

Bagi penderita diabetes, tentunya tahu pentingnya menjaga gula darah ya. Kombinasi serat larut yang tinggi dan karbohidrat yang rendah dalam labu siam ini ampuh menurunkan gula darah dan melawan resistensi tubuh terhadap insulin.

READ  Merk Velg Mobil Terbaik: Tampil Beda dan Lebih Keren

Kandungan serat tinggi juga memperlambat penyerapan karbo, sehingga gula darah tidak langsung melonjak setelah makan. Terlebih lagi, kamu tidak akan cepat lapar loh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang kesulitan menghilangkan lemak di perut, coba konsumsi labu siam sehari-hari.

Bayangkan, 100 gram labu siam hanya mengandung 16 kalori, sedangkan 100 gram nasi mengandung hampir 100 kalori!

Cobalah tukar setengah asupan nasi kamu dengan satu porsi labu siam. Labu siam yang rendah kalori dan tinggi serat bakal membantu menurunkan berat sekaligus menekan nafsu makan.

READ  Mayoritas Warga Jawa Tengah Puas dengan Kinerja Ganjar Pranowo

Menjaga Kesehatan pada Kehamilan

Asam Folat atau vitamin B9 merupakan salah satu asupan yang wajib dikonsumsi menjelang kehamilan, namun tidak jarang diabaikan loh.

Asam folat memiliki peran esensial dalam mencegah kelahiran prematur, serta cacat otak dan saraf pada bayi. Ibu hamil umumnya disarankan mengonsumsi sekitar 600 mcg asam folat setiap hari.

Salah satu sumbernya bisa didapatkan dari labu siam yang mengandung sekitar 200 mcg dalam satu porsi.