Manfaat Lobak Putih: Tinggi Serat, Alternatif Diet

Manfaat Lobak Putih: Tinggi Serat, Alternatif Diet
Manfaat Lobak Putih: Tinggi Serat, Alternatif Diet

Sayuran dengan nama latin Raphanus sativus var. Longipinnatus ini berasal dari negara Tiongkok yang biasanya dikenal dengan nama daikon, di Indonesia sendiri lobak putih dapat tumbuh dengan mudah pada dataran rendah.

Lobak putih juga cukup mudah ditemukan pada berbagai menu di restoran Chinese food. dari olahan sup hingga tumisan, lobak putih selalu berhasil menambah rasa pedas dan segar di dalam masakan.

Di balik rasanya yang gurih dan lezat, ada segudang khasiat yang terkandung didalam sayur berwarna putih tersebut. Simak kandungan dan deretan manfaat lengkapnya berikut ini!

Kandungan nutrisi dan rendah kalori yang dimiliki lobak putih mampu mendatangkan berbagai khasiat untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  1. Melancarkan Proses Pencernaan
READ  Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina

Serat bisa melindungi mikroba baik di dalam usus dan melancarkan proses pencernaan makanan. Mikroba ini berfungsi untuk memecah serat menjadi asam yang akan merangsang aktivitas pada sel-sel imun, sehingga imun akan menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai macam penyakit.

Lobak merupakan tumbuhan dengan kandungan tinggi serat yang sangat berperan penting dalam melancarkan maupun meningkatkan sistem pencernaan. Tentunya jika kamu ingin menjaga kesehatan pada sistem pencernaan, kamu dapat mengonsumsi lobak putih sebagai asupan salad harian.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang berfungsi untuk menangkal berbagai macam penyakit. Kadar kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada lobak putih memiliki peran penting dalam melindungi kamu dari serangan batuk ringan dan flu.

READ  Anak Demam? Ini Saran dari Direktur RSCM

Selain itu, Vitamin C yang terdapat pada lobak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh serta dapat diandalkan dalam mengontrol perkembangan radikal bebas yang dapat memicu munculnya penyakit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Lobak putih menjadi salah satu solusi untuk kamu yang sedang menjalankan program untuk menurunkan berat badan karena tinggi serat. Kamu dapat mengonsumsi lobak secara rutin agar mendapatkan khasiat yang maksimal.

Kandungan serat yang terdapat pada lobak berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, serat berfungsi untuk mengikat lemak-lemak yang menumpuk dalam tubuh dan tentunya serat juga memiliki peran yang sangat penting dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh.

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Adanya radikal bebas yang terdapat pada tubuh merupakan salah satu penyebab terjadinya pertumbuhan sel kanker. Agar dapat menghindari pertumbuhan sel kanker, tentunya Kamu dapat mencegahnya dengan cara mengonsumsi sayuran lobak secara rutin.

READ  Gaya Berbusana yang Elegan dan Stylish!

Kandungan Isothiocyanate yang terdapat pada lobak merupakan jenis antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya yang menyebabkan munculnya sel kanker. Selain itu, Antioksidan ini juga berperan penting dalam mencegah perkembangan tumor.

  1. Aman untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan golongan penyakit yang terbilang kronis, tingginya kadar gula darah dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan keselamatan penderita, salah satunya adalah diabetes.

Lobak putih adalah sayuran yang aman dan dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki kandungan tinggi serat yang dapat mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.