Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental
Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Mamalia karnivora ini lahir dari berbagai ras dan jenis. Beberapa jenis kucing yang populer mulai dari Persia, Turkish Angora, maine coon, Scottish fold dan lain sebagainya.

Terkadang tingkah kucing yang lucu kerap membuat kita merasa terhibur. Bentuk fisik dari kucing yang mungil dan berbulu pun membuat kita gemas ingin memeluk atau sekedar mengelus tubuhnya.

Sayangnya, ada sebagian orang menganggap memelihara kucing tidak bagus untuk kesehatan apalagi terhadap kesehatan perempuan. Kucing dianggap mampu menyebarkan penyakit toksoplasmosis yang mampu sebabkan kematian janin bahkan kemandulan.

Padahal, ada beberapa manfaat memelihara kucing yang bisa kita rasakan. Manfaat memelihara kucing itu pun tidak hanya untuk hobi dan kepuasan diri.

READ  Harga Honda Brio Bekas Semakin Menggiurkan, Cocok Buat Irit-Iritan!

Memelihara kucing akan mendapatkan manfaat lainnya yang juga baik bagi kesehatan tubuh dan mental secara ilmiah. Enggak percaya?

Apa saja sih manfaat kucing bagi manusia? Yuk, simak penjelasannya!

Manfaat Memelihara Kucing bagi Manusia

  1. Menghilangkan Stres

Manfaat memelihara kucing yang pertama yakni membantu menghilangkan stress. Ketika kita memelihara kucing maka kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing dan ketika itu otak akan melepas hormon oksitosin.

Hormon oksitosin ini berfungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
READ  Wapres Prioritaskan Pengembangan Pendidikan Vokasi Bagi Orang Asli Papua

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menyebut bahwa anak-anak yang berada pada usia di bawah satu tahun memiliki kemungkinan kecil terpapar alergi karena interaksi dengan terhadap kucing.

Kucing dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjauhkan alergi yang mungkin saja dapat menyerang tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Mengelus dan membelai kucing akan memiliki efek menenangkan yang positif. Dengan afeksi tersebut, kucing mampu menurunkan tingkat stres dan menurunkan kecemasan.

Oleh sebab itu, orang yang memelihara kucing memiliki risiko serangan jantung 30 persen lebih kecil dibandingkan orang yang tidak memelihara kucing.

  1. Meminimalisir Terserang Penyakit Stroke
READ  Transaksi di Pameran Motor IMOS 2022 Tembus Rp 100 Miliaran

Keberadaan kucing di dalam rumah sebagai peliharaan akan membuat kamu tetap sabar. Kamu juga akan merasa lebih nyaman dan tenang karena selalu senang akan tingkah kucingmu.

Seseorang yang mudah mengalami stroke disebabkan karena kehidupannya tidak senang dan memiliki tekanan.

  1. Mengatasi Rasa Kesepian

Manusia memiliki kebutuhan akan sentuhan, teman bicara, juga teman bermain. Manfaat itu akan kamu dapat ketika kamu memelihara kucing. Kucing juga mampu menghalau rasa kesepian ketika kehilangan orang yang dicintai.

Bermain dengan kucing dapat membantu kamu memberi dan menerima cinta. Kucing peliharaanmu akan mendengar dalam posisi duduk atau berbaring selama kamu berbicara.