Manfaat Minyak Ikan, Cegah Sakit Jantung hingga Sehatkan Otak

Manfaat Minyak Ikan, Cegah Sakit Jantung hingga Sehatkan Otak
Manfaat Minyak Ikan, Cegah Sakit Jantung hingga Sehatkan Otak

Omega 3 atau minyak ikan (fish oil) merupakan salah satu suplemen kesehatan terlaris, sebanding dengan vitamin lainnya. Wajar saja, suplemen omega 3 memang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik.

Omega 3 tentunya bisa didapatkan dari konsumsi ikan yang rutin, sekitar 1-2 kali per minggu. Tidak semua ikan sama loh! Ikan salmon dan sarden merupakan salah satu yang kaya akan omega 3. Bagi kamu yang sulit mendapatkan dari makanan, bisa diganti dengan suplemen minyak ikan yang lebih muda dikonsumsi.

Suplemen minyak ikan diambil dari jenis ikan yang berlemak seperti ikan sarden, salmon, dan ikan teri. Minyak ikan mengandung dua jenis asam lemak omega 3 penting: eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Tanpa asam lemak ini, banyak kondisi kesehatan yang bisa muncul dalam segala usia.

READ  Jenis-Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya bagi Kulit

Yuk, cari tahu manfaat minyak ikan untuk kesehatan berikut ini!

Meningkatkan Kesehatan Mata

Bagian retina mata kita memiliki komponen DHA. Tanpa DHA ini, mata kita akan timbul berbagai masalah, seperti penglihatan kabur bahkan buta.

Minyak ikan juga terbukti dibutuhkan untuk kesehatan mata janin saat di rahim. Anak terlihat memiliki penglihatan yang jauh lebih baik saat ibu rutin mengonsumsi DHA ketika hamil.

Memperbaiki Gangguan Mental

Gangguan mental seperti depresi dan bipolar merupakan kondisi yang bisa membahayakan nyawa. Beberapa orang yang mempunyai gangguan mental bisa dikarenakan tidak mendapatkan EPA dan DHA yang cukup. Hal ini karena otak kita membutuhkan asam lemak untuk dapat berfungsi dengan benar.

READ  STNK Kendaraan Hasil Konversi Ke Listrik Akan Diberi Keterangan Khusus

Manfaat minyak ikan terlihat efektif untuk gejala depresi dan gangguan bipolar. Menurut penelitian, suplemen omega 3 bisa meningkatkan kesehatan mental para penderita.

Melawan Peradangan

Peradangan atau inflamasi merupakan respons alami tubuh dalam melawan infeksi. Inflamasi kronis bisa timbul dari hal seperti berat badan yang berlebihan dan merokok. Dan dalam jangka waktu lama, inflamasi dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Salah satu manfaat minyak ikan adalah menurunkan jumlah zat berbahaya yang menimbulkan peradangan dalam tubuh, sehingga mencegah gejala inflamasi.

READ  Harga Mobil Supra MK4 Bikin Geleng Kepala, Apa Keunggulannya?

Membantu Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem imun tubuh menyerang sel tubuh sendiri. Beberapa contoh yang umum ditemukan seperti diabetes tipe 1, lupus, dan rematik.

Sebuah studi membuktikan bahwa teratur minum suplemen minyak ikan dapat mencegah gejala penderita autoimun lupus. Alasannya sendiri belum pasti. Tapi ada kemungkinan, omega 3 memiliki kandungan DHA yang berpotensi mengirimkan sinyal anti-inflamasi ke tubuh agar tidak memicu reaksi autoimun.