Manfaat Oatmeal: Sumber Energi, ‘Teman’ Sarapan

Manfaat Oatmeal: Sumber Energi, ‘Teman’ Sarapan
Manfaat Oatmeal: Sumber Energi, ‘Teman’ Sarapan

Cocok menjadi menu sarapan, oatmeal merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Makanan dari oat ini akan semakin nikmat disantap jika diolah dengan bahan lain yang tepat seperti buah-buahan, susu atau yogurt, dan lain sebagainya.

Dari yang super praktis, sampai yang agak lebih rumit, ada berbagai macam cara untuk mengkreasikan makanan yang satu ini. Karena itu, tidak perlu khawatir akan bosan kalau sering-sering menjadikan oatmeal menu makanan kamu.

Dari banyaknya nutrisi yang terkandung, tentu banyak pula khasiat kesehatan yang dimiliki. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi oatmeal:

  1. Kaya Akan Antioksidan
READ  Memerankan Sri Asih, Pevita Pearce Mengaku Banyak Belajar

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi, Kamu. Salah satunya adalah antioksidan avenanthramides.

Avenanthramides dapat membantu menurunkan tekanan darah, lho. Terlebih lagi, antioksidan ini hampir hanya bisa ditemukan di dalam oat. Luar biasa, bukan?

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Oatmeal itu kaya dengan serat larut, Kamu. Serat larut berfungsi untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di tubuh. Yang sering disebut kolesterol jahat ini adalah kolesterol LDL.

Karena itu, mengonsumsi oatmeal lantas memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol. Kandungan pada serat larut yang berperan besar dalam menurunkan kolesterol adalah beta glucan.

  1. Membantu Mengontrol Gula Darah
READ  Perbedaan CVT Dan AT, Serupa Tapi Tak Sama

Manfaat oat selanjutnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah, terutama untuk pengidap diabetes tipe 2 dan obesitas.

Lagi-lagi, manfaat ini didapatkan dari kandungan serat beta glucan yang terdapat pada oatmeal. Beta glucan dapat menunda penyerapan gula ke darah, Kamu. Oatmeal juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Untuk Kamu yang sedang diet, oatmeal bisa jadi makanan yang cocok untuk dikonsumsi. Sebab, setelah memakan oatmeal, kenyang kamu akan bertahan lama, Kamu. Dengan begitu, kamu pun akan tidak mudah lapar dan lantas mengonsumsi lebih sedikit kalori.

READ  Menko Luhut: Gernas BBI Tingkatkan Belanja Produk Dalam Negeri hingga Cegah Korupsi

Ini disebabkan oleh kandungan air dan beta glucan yang tinggi dari oatmeal menambah produksi hormon kenyang di tubuh kamu.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Oatmeal terbuat dari oat alias Avena sativa yang berasal dari bahan yang diklaim sebagai biji-bijian tersehat. Di dalamnya terdapat zat avenanthramide yang terkenal akan khasiat baiknya bagi tubuh.