Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Wajib Dikonsumsi Rutin!

Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Wajib Dikonsumsi Rutin!
Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Wajib Dikonsumsi Rutin!

Sepertinya sesuatu yang ada di depan mata memang seringkali tidak disadari atau bahkan terlupakan. Contohnya pisang, buah yang ‘merakyat’ karena begitu akrab dan populer bagi masyarakat di Indonesia maupun dunia. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa apa yang tersimpan di dalamnya begitu luar biasa.

Salah satu buktinya, yaitu buah berwarna kuning yang ikonik ini adalah andalan bagi para atlet olahraga yang memiliki latihan keras. Pisang berperan besar sebagai pendorong energi dan meningkatkan daya tahan para atlet.

Tak hanya sebagai sumber energi, nutrisi yang terdapat dalam buah pisang dapat mendatangkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, wanita hamil direkomendasikan mengonsumsinya untuk mendukung masa kehamilan.

READ  Manfaat Kunyit: Anti Peradangan hingga Perangi Kanker

Manfaat Buah Pisang

Untuk mendapatkan nutrisi yang banyak dari pisang, kita bisa mengonsumsinya dengan mudah dan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, ditambahkan ke menu sarapan dengan oatmeal hingga dibuat smoothies.

Bagaimanapun cara mengonsumsinya, yang terpenting adalah khasiat di dalamnya tetap terjaga dan bisa diproses maksimal di dalam tubuh. Berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh hingga mendukung ibu hamil.

  1. Meringankan Nyeri Menstruasi

Nyeri menstruasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi beberapa perempuan. Jika kamu salah satu yang biasa mengalami hal tersebut dan mengandalkan obat-obatan, kamu mungkin ingin beralih ke pisang.

READ  Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatan

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Sudah ada beberapa studi yang menyatakan bahwa kandungan ini ampuh meringankan nyeri PMS (Premenstrual Syndrome).

  1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Semenjak pandemi, kekebalan tubuh menjadi isu yang y=harus diperhatikan oleh siapapun. Kandungan vitamin A, C, dan B6 dalam pisang bisa jadi solusi yang baik untuk hari-hari yang lebih segar dan anti lemas.

  1. Memperlancar Aliran Darah ke Otak

Berhubungan dengan poin tentang pencegahan hipertensi, manfaat satu ini berkaitan dengan darah juga. Pisang kaya akan kalium yang berperan penting untuk memelihara fungsi jantung dan sirkulasi darah.

READ  Manfaat Mugwort Mask: Hempaskan Jerawat di Wajah!

Otak yang dengan baik menerima kiriman nutrisi dan oksigen yang dibawa darah akan berfungsi lebih baik dalam mengingat dan berpikir.

  1. Berpotensi Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Pisang kaya akan serat, faktor ini membuat pisang mampu menghambat laju pertumbuhan plak pada dinding pembuluh darah di dalam tubuh. Tanpa adanya plak, pembuluh darah akan bersih dari timbunan lemak dan kolesterol jahat akan tersingkir.