Manfaat Porang: Umbi Berkhasiat, Bisa Jadi Apa Pun!

Manfaat Porang: Umbi Berkhasiat, Bisa Jadi Apa Pun!
Manfaat Porang: Umbi Berkhasiat, Bisa Jadi Apa Pun!

Iles-iles atau porang merupakan jenis talas-talasan atau tanaman umbi yang bisa tumbuh di wilayah tropis dan sub tropis. Di Indonesia, tanaman ini tumbuh secara liar karena masih jarang dikenal, sehingga tidak ada upaya budidaya. Tetapi sekarang, mulai banyak petani yang mengkomersilkan pertumbuhan umbi porang di Indonesia.

Tanaman umbi iles-iles mengandung glukomannan atau biasa disebut Konjac Glucomannan (KGM) yang berbentuk tepung. Kandungan tepung ini bisa diolah menjadi berbagai macam hal dan berperan sebagai bahan pengganti. Kandungan karbohidrat yang terdapat di umbi iles-iles mencapai lebih dari 80%, menjadikan karbohidrat komponen terpenting di dalam tanaman ini.

Selain kaya akan karbohidrat, tanaman porang juga kaya akan manfaat untuk berbagai macam bidang mulai dari kuliner sampai kesehatan, lho. Simak lebih lanjut untuk mengetahui manfaat porang di bawah ini!

READ  Toyota Ungkap Alasan Harga BZ4X Di Atas Rp1 Miliar

Manfaat Porang atau Iles-iles

Berkat kandungannya yang kaya akan glucomannan, karbohidrat hingga berbagai mineral. Porang kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan sebagai berikut ini:

  1. Lem Ramah Lingkungan

Lem yang digunakan sehari-hari terkadang memiliki bau yang menyengat dan kurang merekat pada objek yang akan ditempelkan. Umbi Porang bisa menjadi opsi tepat yang bisa kamu gunakan untuk lem ramah lingkungan.

Tanaman yang mengandung Konjac bisa menjadi perekat yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dihasilkan juga ramah untuk lingkungan.

  1. Bahan Campuran untuk Industri
READ  Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Konjac dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, porang juga bisa dijadikan perekat kertas, cat, kain katun dan wol, pengilap kain, dengan materi yang lebih baik dan harga lebih murah.

  1. Bahan Obat

Kandungan KGM yang terdapat pada tanaman porang ternyata bermanfaat untuk dunia kesehatan, yaitu digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan.

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, terdapat kandungan lem alami pada tanaman porang yang digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

  1. Pengganti Agar-agar
READ  Macam-Macam Lampu Indikator pada Dashboard Mobil dan Artinya

Tanaman porang memiliki serat tidak berwarna yang dapat larut dengan mudah di dalam air, tidak memiliki bau, dan konsistensi yang menyerupai agar-agar.

Dengan serat yang bisa diolah menjadi agar-agar, tentunya makanan yang satu ini sangat menyehatkan dan segar. Agar-agar Porang bisa menjadi hidangan tepat untuk cemilan sehat.

  1. Pembersih Air

Saat air di rumahmu kotor, zat Porang yang bernama Glukomanan mampu untuk memurnikan air dan keloid dari bir, gula, minyak, dan juga serat.

Kandungan ini dapat larut di dalam air dan memurnikan air itu sendiri menjadi bersih. Kini kamu tak perlu khawatir dengan air yang kotor lagi.