Manfaat Propolis: Zat Ajaib yang Terbukti Ilmiah

Manfaat Propolis: Zat Ajaib yang Terbukti Ilmiah
Manfaat Propolis: Zat Ajaib yang Terbukti Ilmiah

Propolis adalah zat resin dan lilin yang dihasilkan lebah dari campuran air liur dan senyawa dari berbagai tumbuhan dan pohon. Ini digunakan lebah untuk melindungi sarangnya.

Tak hanya bermanfaat bagi lebah, propolis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Propolis telah digunakan sebagai obat luka dan antiinflamasi sejak dulu.

Memangnya apa saja kandungan yang membuat propolis sangat bermanfaat bagi kesehatan? Yuk, simak kandungan hingga kegunaannya.

Kandungan Propolis

Propolis memiliki kandungan yang berbeda di setiap negara atau daerah, tergantung pada bunga atau tumbuhan yang ada di sekitarnya. Namun, pada umumnya propolis mengandung beberapa senyawa dari tanaman dan sayuran, serbuk sari, lilin lebah (beeswax), minyak esensial dan aromatik.

READ  Motor Listrik Polytron Fox R, Harga Murah Tapi Baterai Sewa

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh propolis sangat bermanfaat di antaranya ada polifenol dan flavonoid. Dengan kandungan-kandungan tersebut, propolis sangat baik digunakan sebagai produk antibakteri, antijamur, antivirus, antiprotozoal, anti inflamasi, dan antioksidan.

Manfaat dan Khasiat Propolis untuk Kesehatan

Banyak penelitian yang secara ilmiah membuktikan khasiat propolis mengenai kegunaannya untuk mengatasi masalah kesehatan. Seperti beberapa di antaranya, berikut ini:

  1. Menyembuhkan Luka

Propolis dapat membantu menyembuhkan luka karena terdapat kandungan pinocembrin yang merupakan flavonoid. Zat tersebut berfungsi sebagai antijamur. Propolis juga dapat membunuh beberapa jenis bakteri sehingga bisa membantu mencegah infeksi dan peradangan.

READ  Jintan Putih, Rempah dengan Segudang Manfaat bagi Kesehatan

Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa ekstrak alkohol propolis topikal lebih efektif daripada krim steroid dalam mengurangi sel mast (bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia) pada luka operasi mulut. Dengan begitu, penggunaan propolis dapat mempercepat penyembuhan luka.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Tak hanya baik untuk menyembuhkan luka, propolis juga dapat mencegah pembentukan kalsium fosfat yang merupakan kandungan utama dari plak gigi. Kamu mungkin perlu mempertimbangkan produk perawatan gigi yang mengandung propolis karena bersifat bersifat antibakteri.

Selain itu, propolis dapat menurunkan jumlah bakteri dalam air liur secara signifikan pada penderita periodontitis atau infeksi gusi.

  1. Mengobati Peradangan pada Sendi
READ  Manfaat Daun Alpukat: Ampuh Atasi Darah Tinggi

Selain mengobati luka di luar tubuh, propolis juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang ada di dalam tubuh seperti radang sendi.

Hal ini bisa terjadi karena propolis dapat mengatur zat inflamasi dalam tubuh, seperti prostaglandin.